14 January 2021, 17:45 WIB

Candi Borobudur dan Prambanan Tetap Beroperasi Selama PPKM


Insi Nantika Jelita | Nusantara

SEKRETARIS Perusahaan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Candi Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Emilia Eny Utari menuturkan, selama Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), wisata candi tersebut tetap beroperasi.

Menurutnya, hal itu mengikuti ketentuan Dinas Pariwisata DI Yogyakarta dan Magelang. 

"Untuk Candi Prambanan hanya zona I yang tutup, sedangkan zona II tetap beroperasi biasa,” kata Emilia dikutip dari laman resmi BUMN, Kamis (14/1).

Zona I yang dimaksud merujuk zona utama candi yang dikelola Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Sedangkan zona II merujuk area taman dan sarana pendukung lainnya yang dikelola PT. TWC

Emilia juga menjelaskan, untuk destinasi Taman Wisata Candi Prambanan, selama PPKM tetap beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 dengan harga tiket Rp50 ribu per orang.

Adapun kunjungan masih dibatasi dengan maksimal 3.500 orang per hari yang dibagi dalam sejumlah kelompok kecil. Hal itu guna menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi.

Emilia menyampaikan, Pemda DI Yogyakarta dan Jawa Tengah di bagian Kabupaten Magelang masih mengijinkan beroperasi dengan pembatasan.

Dia menyebut, selain wisata candi, resto di Teater Ramayana, hanya Resto Rama Shinta masih beroperasi sampai jam 19.00 WIB.

“Untuk pentas Sendra Tari Ramayana juga sementara ditiadakan saat PPKM ini,” ujar Emilia.

Dijelaskan, Dinas Pariwisata Sleman juga telah mengeluarkan SE No, 836/029 tertanggal 8 Januari 2021 untuk menindaklanjuti Instruksi Bupati Sleman No. 01/INSTR/2021 tanggal 8 Januari 2021 tentang Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Sleman. (OL-8)

BERITA TERKAIT