14 January 2021, 16:00 WIB

Wagub Jatim Jalani Vaksinasi dan 20 Tokoh Masyarakat Jatim


Faishol Taselan | Nusantara

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menjadi orang pertama yang menerima vaksinisasi covid-19 bersamaan dengan 20 warga yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan untuk menerima vaksin. Pelaksanaan Vaksinasi dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya.

''Tanggal 28 dijadwal kami harus ngambil suntikan kedua. Vaksin kedua protokolnya tetap,'' ujar Emil di Gedung Negara Grahadi Surabaya, kemarin.
    
Selain Emil, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Pangko Armada 2 Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan, Wakapolda Jatim Brigjend Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Kajati Jatim Mohammad Dhofir, dan sejumlah perwakilan lembaga dan kelompok masyarakat lainnya.
      
Emil pengalamannya setelah divaksin Covid-19 pertama kali di Jatim. Dia mengaku, baik dirinya maupun 20 orang yang lainnya tidak mengalami gejala setelah 30 menit usai divaksin.

Hanya saja, hampir semua dari 21 orang yang divaksin rata-rata tensinya naik saat screening. Emil yang biasanya tensinya 110 naik menjadi 133. ''Cuma tadi ada peristiwa yang menarik, tensi kami ternyata rata-rata di atas dari biasanya. Saya 133 padahal biasanya 110-an,'' kata Emil.

Emil mengatakan, setelah 77.760 dosis vaksin Sinovac didistribusikan ke Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, nantinya Pemerintah Provinsi bakal mengajukan 120 ribu lagi vaksin ke Kemenkes. Tambahan 120 ribu itu tetap untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan.

''Ada tambahan lagi 120 ribu vaksin rencana Februari karena menurut surat edaran dirjen P2P Kemenkes itu 38 kabupaten/kota sudah ada alokasinya. Tapi hari ini yang sudah dikirim tiga dulu. Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Tapi yang lain sudah ada alokasinya,'' katanya.(FL/OL-10)

BERITA TERKAIT