14 January 2021, 15:07 WIB

2.600 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Sorong


Martinus Solo | Nusantara

GUNA menekan penyebaran covid-19, Pemprov Papua Barat segera membagikan vaksin buatan sinovac ke tiga daerah pertama yakni Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari selatan. Ketiga wilayah tersebut mendapatkan jumlah vaksin yang berbeda.

Untuk Kota Sorong mendapat 2.600 dosis vaksin yang tiba pada hari ini, Kamis (14/1) di Bandara Deo Sorong dengan menggunakan maskapai Batik Air ID 6155 sekitar pukul 11.30 WIT. Vaksin covid-19 ini dijemput langsung oleh Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Kapolres Sorong Kota, Kasdim 1802/Sorong, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong dan para Forkopimda serta beberapa tokoh masyarakat.

Vaksin langsung dibawa ke Gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan Kota Sorong dengan pengawalan ketat dua mobil barak kuda yang didalamnya terdapat anggota Tim Gegana dari Brimob Detasemen Pelopor A Sorong Polda Papua Barat bersenjata lengkap dan anggota Polres Sorong Kota.

Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Pemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Muhammad A. Tawakal merinci jumlah dosis vaksin yang diberikan ke tiga daerah tersebut.

"Ada tiga daerah di Papua Barat yang dapat jatah vaksin covid-19 yaitu Kabupaten Manokwari Selatan dapat jatah 360 dosis, Kabupaten Manokwari dapat jatah 4.200 dosis dan Kota Sorong dapat jatah 2.600 dosis. Untuk kabupaten lainnya masih menunggu petunjuk selanjutnya," ungkap Muhammad Tawakal saat ditemui awak media di Gudang Farmasi milik Dinkes Kota Sorong.

Baca juga: Dinkes Kota Sorong Sosialisasi Cara Penggunaan Alkes dan PKRT

Ditambahkannya, untuk Kabupaten Manokwari sudah mulai melaksanakan pencanangan vaksinasi hari ini, Kamis (14/1). Sementara untuk Kota Sorong masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Wali Kota Sorong.

"Intinya kami berharap pelaksanaan vaksinasi covid-19 dapat berjalan sesuai aturan dan prosedur yang ada. Mari kita sama-sama berdoa agar pelaksanaan vaksinasi berjalan aman dan lancar," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Sorong Lambert Jitmau bersyukur vaksin covid-19 telah tiba di Kota Sorong dengan aman dan baik.

"Kita bersyukur vaksin covid-19 sudah tiba di Kota Sorong dengan aman dan baik. Dinas Kesehatan selaku instansi teknis harus mengatur pelaksanaan vaksinasi dengan baik, agar semua berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Lambert.(OL-5)

BERITA TERKAIT