14 January 2021, 13:47 WIB

Vaksinasi Covid Perdana Sumut Dilaksanakan Tanpa Wagub dan Pangdam


Yoseph Pencawan | Nusantara

Provinsi Sumatera Utara telah memulai vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1), ditandai dengan penyuntikan perdana di Pendopo Rumah Dinas
Gubernur di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.

Di Pendopo Rumah Dinas itu Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjadi orang pertama di provinsinya yang menjadi partisipan vaksin. Setelah itu, penyuntikan dilakukan terhadap para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Namun Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin tidak terlihat mengikuti vaksinasi perdana tersebut. "Rencana vaksin untuk Forkopimda hari ini sudah dilaksanakan. Ada yang tidak hadir hari ini, Pangdam," ungkap Gubernur Edy usai menjadi partisipan vaksinasi.

Dia mengatakan, Pangdam berhalangan mengikuti vaksinasi perdana tersebut karena sedang melaksanakan tugas di Jakarta. Dan Edy mengaku sudah dihubungi Pangdam yang memberitahukan ketidakhadirannya.

Namun Pangdam, kata Edy, sudah memastikan dirinya menjalani vaksinasi besok, Jumat (16/1), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur. Dalam penyuntikan perdana, jatah vaksin Pangdam suntikkan ke Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Didit Pramudito.

"Hari ini jatahnya diambil Kasdam, jatahnya Kasdam besok dipakai oleh beliau (Pangdam)," ujarnya.

Mengenai ketidakhadiran Wagub, Edy juga mengatakan Musa Rajekshah sedang memiliki tugas di luar kota dan dijadwalkan dalam waktu dekat akan ikut menjalani vaksinasi.

Menjelang tengah hari, seluruh unsur Forkopimda telah menjalani vaksinasi. Setelah Gubernur Edy, Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin menjadi partisipan kedua dan diikuti Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Ida Bagus Nyoman. Kemudian Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Setiawan Harrtono dan Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Didit Pramudito. Berikutnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Ruruh Setiawibawa dan Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Erson Sinaga.

Partisipan lain adalah Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dan Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmadsyah Sibarani. Diikuti Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak dan Ketua IDI Wilayah Sumut dr. Edy Ardiansyah. (YP/OL-10)

BERITA TERKAIT