14 January 2021, 10:46 WIB

Sekda Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Kalteng


Surya Sriyanti | Nusantara

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri dan Ketua DPRD Kalteng Suyatno menjadi orang pertama di provinsi itu yang mendapatkan suntikan vaksin covid-19.

Selain keduanya, ada sejumlah nama yang juga divaksin, antara lain Kapolda Kalteng Irjen Polisi Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panji Panjung,  Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala BPOM Kalteng, dan sejumlah tokoh lainya seperti dari MUI Kalteng.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya tidak bisa divaksin karena pernah positif covid-19.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sikka Baru Dilaksanakan Februari

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, pada acara itu, meminta para tokoh masyarakat dan tokoh agama memberikan edukasi kepada warga mengenai manfaat dan kegunaan vaksin covid-19 ini.

"Kita tahu, saat ini, banyak berita yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan soal vaksin covid-19. Karena itu, menjadi tugas kita untuk memberikan edukasi kepada warga," ujar Habib, dalam sambutannya saat acara Pencanangan Pemberian Vaksinasi Covid-19 Provinsi Kalteng, Kamis (14/1) di Kantor Gubernur Kalteng.

Dikatakan Habib, dengan pemberian vaksin ini tentu diharapkan meningkatkan derajat masyarakat dan roda ekonomi.

Sementara itu, usai divaksin, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengaku tidak merasakan apapun dalam tubuhnya.

"Saat disuntik saya malah tidak mengerti sudah selesai dan pascadisuntik tidak ada efek apa-apa. Kami, sebagai pejabat publik, memberikan edukasi kepada warga Kalteng agar tidak ragu menerima vaksin covid-19 ini," ujarnya.

Untuk diketahui, pada 5 Januari 2021, di tahap I vaksinasi covid-19, Provinsi Kalteng sudah menerima sebanyak 14.860 dosis vaksin covid-19. Dan, pada 9-12 Januari 2021, vaksin itu distribusikan ke 14  kabupaten/kota se-Kalteng. (OL-1)

BERITA TERKAIT