14 January 2021, 09:47 WIB

Banjir Semakin Parah, Sejumlah Desa di Kalsel Nyaris Tenggelam


Denny Susanto | Nusantara

HUJAN tiada henti mengguyur sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sejak kemarin menyebabkan banjir semakin luas dan bertambah parah. Di beberapa titik dilaporkan ketinggian banjir mencapai dua hingga tiga meter sehingga beberapa desa nyaris tenggelam.

Pantauan mediaindonesia.com, bencana banjir meluas dan melanda 10 wilayah dari 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut. Terbaru banjir melanda wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara dan Kota Banjarmasin.

Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Berry Nahdian Furqan menyebut banjir yang terjadi di wilayahnya sejak tadi malam sangat parah. 

"Hujan turun tiada henti, lapangan Dwi Warna dan pusat kota kabupaten terendam banjir hingga 1,5 meter. Di beberapa desa dataran rendah tenggelam," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya telah melakukan langkah-langkah penanganan dan evakuasi warga korban bencana banjir yang disebut terparah sejak bencana 2006 silam. BPBD Kalsel mencatat ada puluhan ribu warga yang terdampak bencana banjir kali ini.

Pada bagian lain banjir juga telah memutus akses jalan di wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut. Ruas jalan protokol menuju bandara Syamsuddin Noor terendam banjir lebih setengah meter.

baca juga: Cegah Banjir TKPSDA Rekomendasi Konservasi Sungai Padang

Beberapa jembatan penghubung seperti di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Matataman Kabupaten Banjar terputus diterjang banjir. Di Kota Banjarmasin sebagian wilayah permukiman warga dan jalan raya terendam sehingga arus lalu lintas terganggu. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT