14 January 2021, 09:38 WIB

Cegah Banjir TKPSDA Rekomendasi Konservasi Sungai Padang


Apul Iskandar | Nusantara

TIM Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS) Belawan Ular Padang menyepakati rumusan rekomendasi hasil Rapat Sidang III melalui video conference (zoom meeting) terkait sungai yang ada di Tebing Tinggi.

Juru Bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi Dedi, Sumatra Utara, Parulian Siagian menjelaskan dari hasil agenda Sidang III TKPSDA WS Belawan Ular Padang Tahun 2020 yakni di antaranya untuk melakukan konservasi Sumber Daya Air (Lahan Kritis) dan Daya Rusak Air Wilayah di daerah Sungai Belawan, Sungai Ular yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai, dan Sungai Padang di Kota Tebing Tinggi.

Dedi Siagian menjelaskan berdasarkan Surat TKPSDA WS Nomor : 15/TKPSDA/WS BUP/X/2020 merekomendasikan untuk membangun saluran suplesi dari Sungai Sibarau untuk menambah debit mengairi derah irigasi sungai Blutu serta normalisasi sungai Sibarau dari muara sampai ke hulu sekitar 20 km.

baca juga: Pemkot Tebing Tinggi Hitung Kerugian Banjir

"Selain itu juga disepakati untuk membangun embung atau waduk yang bertujuan untuk mengurangi debit puncak banjir pada daerah aliran Sungai Padang yang terletak di Kota Tebing Tinggi bersama dengan daerah lainnya yaitu Sembahe, DAS Belawan, DAS Serdang dan Bakaran Batu", kata Dedi Siagian, Rabu (13/1).

Selain itu dalam surat kesepakatan hasil Sidang III TKPSDA WS juga disebutkan akan melakukan pengerukan sedimen sungai Padang Hilir bersama dengan sungai Belawan Hilir, sungai Deli Hilir dan sungai Ular Hilir," tambahnya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT