14 January 2021, 07:03 WIB

Pemkot Palangka Raya Operasionalkan Mal Pelayanan Publik


Surya Sriyanti | Nusantara

UNTUK memberikan kemudahan pelayanan, Wali Kota Palangka Raya Fairid  Naparin melakukan uji coba di Mal Pelayan Publik (MPP) 'Huma Betang' di Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Keberadaan MPP Huma Betang sejak 30 Desember 2020. Menurut Fairid, selain untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi, pemerintah berupaya memberikan kemudahan untuk pengurusan administrasi usaha.

"Pemerintah daerah saat ini sedang berupaya membantu mengatur masyarakat dari hulu ke hilir. Dengan adanya MPP ini adalah salah satu implementasi dari Perwali Kota Palangka Raya nomor 58 tahun 2020," terang Fairid, Rabu (13/1).

Terintegrasinya 14 lembaga dari instansi vertikal di BUMN maupun BUMD dan pihak swasta dalam suatu tempat menurutnya ke depannya dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus berbagai keperluan administrasi usaha.

"Adanya suatu tempat  masyarakat dapat mengurus berbagai keperluan administrasi, sehingga masyarakat tidak perlu kemana-mana," tambahnya.

Ia juga mengingatkan integritas dan jiwa melayani merupakan faktor penting yang harus dimiliki untuk pelaksanaan pelayanan publik yang berkualitas. Meskipun saat ini MPP Huma Betang masih dalam tahap uji coba, kedepannya katanya secara bertahap pihak pemerintah kota akan berupaya memenuhi berbagai kekurangan, agar MPP dapat memberikan pelayanan dengan maksimal kepada masyarakat.

"Uji coba MPP ini adalah program yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) kota Palangka Raya. Harapannya ini dapat membantu membantu kelancaran usaha masyarakat," tuturnya.

baca juga: PT KAI Butuh 8 Bulan Perbaiki Jembatan Ambruk

Sementara itu menurut Ento, warga masyarakat yang ditemui di MPP mengatakan dengan adanya mall ini memberikan kemudahan dalam segi waktu karena tidak perlu jauh mendatangi sejumlah kantor instansi terkait.

"Jika kita ingin melakukan beberapa transaksi pelayanan publik seperti membayar pajak kendaraan dan juga urusan pelayanan lainnya tinggal mendatangi mal ini. Tidak perlu kesana kemari mendatangi kantor pelayanan," jelas Ento. 

Apalagi saat memasuki mal pelayanan publik ini, pelaksanaan protokol kesehatan sudah dilakukan seperti harus memakai masker, mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuh. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT