13 January 2021, 23:45 WIB

Lampung Segera Miliki Sentra Tapis dengan DAK Rp5,3 Miliar


Mediaindonesia.com | Nusantara

Pemerintah Kota Bandarlampung sedang merencanakan pembangunan gedung yang akan dipakai sebagai sentra tapis guna menunjang pelaku industri kecil menengah (IKM) kain tapis di kota setempat.

Tapis adalah kain tenunan berbentuk sarung bersulamkan benang emas untuk upacara adat di Lampung yang terbuat dari tenun benang kapas dengan motif alam flora dan fauna.

"Tahun ini kita mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp5,3 Miliar, yang peruntukannya untuk pembangunan sentra tapis," kata Kepala Dinas Perindustrian Bandarlampung Herliwaty, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa dari DAK Rp5,3 miliar tersebut, Rp5 miliar akan dialokasikan untuk pembangunan gedungnya dan Rp300 juta dipergunakan untuk keperluan produksi tapisnya.

"Rencana kita, sentra tapis ini akan dibuat di Kecamatan Kemiling dekat dengan Stadion Mini Kalpataru yang sedang dibangun juga," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa saat ini pembangunan sentra tapis yang berasal dari DAK tersebut sudah berjalan dan sedang dalam proses lelang proyek.

"Persetujuan untuk pembangunan sentra tapis ini sudah kita dapatkan, Januari dan Februari ini sudah mulai lelang proyek dan tinggal dijalankan saja," kata dia.

Ia mengatakan bahwa setelah gedung itu berdiri, hanya 15 IKM tapis binaan Dinas Perindustrian saja yang akan melakukan produksi tapis di sana.

"Jadi gedung itu kalau sudah jadi dari produksi kain hingga pameran atau fashion show akan ada di sentra tapis tersebut, tapi bangunan ini hanya diperuntukkan bagi 15 IKM saja," kata dia. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT