13 January 2021, 23:14 WIB

Ratusan Rumah di Babel Terdampak Banjir


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Ratusan rumah di sejumlah kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel) terdampak banjir. Banjir ini disebabkan hujan lebat disertai pasang air laut. Rabu (13/1).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa mengatakan, sudah tiga hari ini Provinsi Babel terus diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat. "Hujan lebat di tambang pasang air laut hari ini, mengakibatkan genangan air hingga banjir di banyak lokasi di Babel," kata Mikron. Rabu (13/1).

Mikron menyebutkan berdasarkan data sementara bencana, setidaknya ada 559 rumah terdampak banjir dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 30 cm hingga 70 cm. "Banjir terjadi di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Pangkalpinang, Belitung, Belitung Timur, dan Bangka Barat. Ketinggian air bervariasi. Rumah terdampak data sementara, 559 rumah," ujarnya.

Ia merinci di Bangka terdapat titik banjir baik karena hujan lebat maupun rob terjadi di Lingkungan Air Hanyut RT.1 hingga Rt. 4 ketinggian air 60 cm, ada 154 rumah terdampak. ''"Di kawasan pelabuhan, tepatnya di Parit Pekir Rt.4 dan Rt 5, ada 60 rumah terdampak ketingian air sama 60 cm," ungkap dia.

"Total secara keseluruhan ada 559 rumah terdampak banjir terbanyak ada di pangkalpinang, rata-rata rumah yang banjir ini berada di daerah pesisir sungai," katanya.

Selain menggenang ratusan rumah, banjir akibat rob ini mengganggu arus lalulintas di jumlah titik, seperti di jalan selindung air sungai meluap  hingga kejalan, jalan di pantai pasir padi pun demikian. Di Bangka Tengah, Belitung, dan Belitung Timur.

Ia mengaku genangan yang cukup tinggi di beberapa wilayah dari semalam hingga hari ini karena intensitas hujan sedang hingga lebat, bertepat dengan pasang maksimum air laut atau rob. (RF/OL-10)

BERITA TERKAIT