13 January 2021, 22:20 WIB

Sumbar Mulai Vaksinasi Covid dari Padang dan Pessel Besok


Yose Hendra | Nusantara

DINAS Kesehatan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mendistribusikan vaksin covid Sinovac ke Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pesel), Rabu (13/1). Dua daerah ini otomatis lebih dahulu melakukan vaksinasi dari 17 kabupaten/kota lainnya di Sumbar.

Staf Pengelola Vaksin Dinkes Sumbar Yulia Elvianti menerangkan, dua daerah tersebut menjadi prioritas mengingat Kota Padang merupakan ibu kota provinsi dan jumlah penularan paling tinggi. Sementara, Pesisir Selatan berbatasan langsung dengan Padang, sekaligus dengan Provinsi Bengkulu.

Dinkes Kota Padang, jelas Yulia, sudah datang menjemput vaksin ke provinsi sebanyak 18.680 dosis. Sementara Pesisir Selatan sebanyak 3.640 dosis.  "Padang dan Pessel selain dua alasan di atas, juga telah menyerahkan data yang akurat," ujarnya.

Untuk 17 kabupaten dan kota lainnya di Sumbar, menurut Yulia, baru akan melakukan vaksinasi pada Februari 2021 mendatang. Karena masih ada daerah kabupaten/kota yang menyerahkan data penerima vaksin belum akurat.  "Dari program P2P. Pessel dan Padang datanya paling akurat," kata Yulia.

Kuota vaksin Sinovac untuk Sumbar sebanyak 36.920 dosis. Dari jumlah itu, yang akan mendapat jatah vaksin di tahap pertama ini sekitar 18 ribu orang lebih warga Sumbar.

Vaksin untuk Sumbar ini telah berada di Kota Pada sejak Selasa (5/1) lalu. Vaksin tersebut disimpan di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, dengan penjagaan ketat petugas kepolisian.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan Gubernur dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar akan mengikuti penyuntikan vaksin covid besok, Kamis (14/1). Selain Gubenur dan Forkopimnda di hari bersamaan juga akan dilakukan penyuntikan vaksin covid untuk tenaga kesehatan beserta juru bicara covid di lingkup Pemprov Sumbar.

"Baru diumumkan dan dipastikan jadwal vaksinasi untuk tingkat Provinsi Sumbar, besok, 14 Januari," kata Jasman.

Untuk kabupaten/kota, jadwal vaksinasi pada Jumat (15/1). Untuk kabupaten kota yang akan divaksin adalah bupati, Forkopimda, tenaga kesehatan dan jubir covid. (OL-13)

Baca Juga: Minim Dukungan Kabupaten/Kota, NTT Sulit Melawan Covid-19

BERITA TERKAIT