13 January 2021, 22:04 WIB

Tebing Sungai di Brebes Longsor Warga Mengungsi


SUPARDJI RASBAN | Nusantara

SEDIKITNYA empat kepala keluarga (KK) Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengungsi setelah rumah mereka hanyut terbawa arus Sungai Erang yang meluap, Rabu (13/1/2021). Bagian rumah yang hanyut terbawa arus sungai berada di bagian dapur, dan barang-barangnya tidak bisa diselamatkan termasuk ternak ayam dan burung berkicau. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan warga terpaksa diungsikan oleh pemerintah desa ke balai desa setempat.
     
Warga desa Kalierang, Ali, menuturkan, kejadian bermula ketika hujan dengan durasi lama terjadi di lokasi kejadian dan hulu sungai. Hujan yang lebat mengakibatkan Sungai Keruh meluap dan mengikis tebing di sekitar rumah.
     
"Tebing yang ambrol terkikis arus sungai juga membawa rumah yang berdiri diatasnya," ujar Ali.

Tursinah salah seorang warga yang rumahnya ikut terbawa arus sungai, mengaku bingung karena perabotan dapurnya hilang semua. "Padahal perabotan itu digunakan untuk memasak makanan yang biasa kami jual," tutur Turinah.
     
Tursinah bersama keluarga lainya berharap pemerintah Kabupaten Brebes bisa memberikan bantuan kepada mereka secepatnya. "Kami butuh ulurang tangan dari Pemerintah Kabupaten Brebes," ucap Tursinah. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT