13 January 2021, 20:50 WIB

Vaksinasi Covid di Jatim Dimulai dari 19 Pejabat lalu Nakes


Faishol Taselan | Nusantara

RENCANANYA, ada 19 pejabat dan tokoh akan mendapat vaksin pertama di Jawa Timur. Namun, siapa nama pejabatnya masih dirahasiakan. Pelaksanaan vaksin kali ini dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya.

"Mereka yang diusulkan, siapa-siapa saja yang sudah menerima pemberitahuan belum diketahui," kata Ketua Satgas Covid Jatim dr Johny Layuhadi di Surabaya, Rabu (13/1).

Diantara 19 orang yang masuk dalam daftar tercatat nama Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Ketua IDI Jatim, serta sejumlah Ketua Ormas Keagamaan.

Pihaknya belum bisa memastikan dari 19 itu apakah semua menerima SMS untuk ikut vaksin, sebab yang menentukan adalah Kementerian Kesehatan. Namun, kesiapan dilakukan maksimal. Termasuk menyiapkan ruang darurat bila terjadi efek pasca vaksin.  "Ruang ICU juga kita siap, bahkan RSU Dr Soetomo juga disiapkan," ujarnya.

Sementara itu, distribusi vaksin dari Provinsi Jatim ke Kota Surabaya dilakukan Rabu (13/1). Distribusi dilakukan secara bertahap. Vaksin Sinovac itu disimpan di Gudang Farmasi milik Pemkot Surabaya di kawasan Rungkut. Box berisi vaksin itu mendapat pengawalan ketat. Aparat bersenjata mengawal proses distribusi. Tidak ada yang boleh mendekat saat box itu diturunkan, kecuali petugas.

Saat ini 15.000 vaksin yang sudah terdistribusi ke Surabaya itu disimpan di ruang pendingin yang berada di dalam Gudang Farmasi milik pemkot. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, datangnya vaksin ini merupakan persiapan untuk tahap awal vaksinasi di Surabaya. "Katanya akan datang lagi nanti tanggal 22 Januari," katanya.(OL-13)

Baca Juga: Memancing Ikan Tuna ala Nelayan Nangahure Hasil Melimpah

 

BERITA TERKAIT