13 January 2021, 16:28 WIB

Enam Penambang Emas di Solok Selatan Tertimbun Longsor


Yose Hendra | Nusantara

ENAM penambang emas di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, tertimbun material longsor saat melakukan penambangan.

Informasi sementara dari pihak terkait, 2 orang dilaporkan ditemukan dalam kondisi meninggal, 2 orang hilang dan masih dalam pencarian, dan 2 selamat. "Korban meninggal diperkirakan empat orang, tapi baru ditemukan dua orang," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, Rabu (14/1).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Padang Asnedi menjelaskan, longsor itu terjadi pada Senin (11/1). Tapi, sambungnya, pihaknya baru mendapatkan informasi tersebut pada hari ini.

Dikatakannya, tim rescue pagi tadi baru berangkat menuju lokasi untuk melakukan pencarian dan evakuasi terhadap dua korban tersebut. "Kejadiannya itu Senin pagi. Informasinya baru kami terima hari ini. Tim rescue sudah bergerak ke lokasi. Masih ada dua penambang lagi yang belum ditemukan," kata Asnedi.

Informasi sementara, tambahnya, mereka tertimbun longsor saat hendak keluar dari lobang tambang. Diduga kuat enam penambang itu melakukan penambangan secara ilegal.

Namun demikian, untuk memastikan tambang resmi atau ilegal itu menjadi domain pihak kepolisian setempat. "Yang jelas, saat ini kami sedang berupaya melakukan pencarian terhadap korban yang diduga masih tertimbun material longsor," terangnya.

"Saat ini, kami fokus melakukan pencarian dan evakuasi terhadap korban yang belum ditemukan," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT