13 January 2021, 15:44 WIB

Vaksinasi di Banyumas Diundur Satu Bulan


Lilik Darmawan | Nusantara

PROGRAM vaksinasi di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), diundur hingga sebulan. Pada jadwal awal, vaksinasi akan dilaksanakan pada pertengahan Januari ternyata kini jadwal terbaru pada pertengahan Februari. Namun, peruntukkan vaksin pada tahap pertama tetap untuk tenaga kesehatan (nakes).

Kepastian mundurnya vaksinasi diungkapkan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Rabu (13/1). Mundurnya vaksinasi di Banyumas karena kabupaten setempat masuk program vaksinasi gelombang kedua.

"Banyumas merupakan daerah di Jateng yang masuk gelombang kedua, sehingga jadwal vaksinasi pada pertengahan Februari," kata Bupati.

Baca juga: Sambut Vaksinasi, Dokter Tirta Konfirm Disuntik 14 Januari

Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk tidak meragukan vaksin. Sehingga nantinya warga bisa mengikuti vaksinasi dengan baik dan tidak perlu takut.

"Saya mohon dengan sangat, dengan kesadaran sendiri untuk mengikuti program imunisasi melalui proses vaksinasi covid-19 pada saatnya nanti. Kalau pun ada efek samping yang terkena sangat sedikit dan ringan-ringan saja. Misalnya mengantuk atau pegel sebentar," jelas Bupati.

Seperti diketahui, vaksinasi di Banyumas pada tahap awal diprioritaskan untuk nakes. Jumlah vaksin yang diterima pada tahap awal sebanyak 3.656 dosis. Jumlah tersebut masih belum mencukupi untuk memberikan vaksinasi terhadap seluruh nakes dengan jumlah 10.389 orang.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT