12 January 2021, 15:14 WIB

Percepat Genangan Surut, Pemkab Bersihkan Enceng Gondok dari Kali


M Yakub | Nusantara

Pemkab Lamongan, Jatim, menurunkan backhoe Amphibi untuk membersihkan enceng gondok disepanjang Kali Pasi kawasan Bengawan Jero. Pembersihan ini dilakukan untuk mempercepat aliran genangan banjir yang melanda sejumlah kecamatan di kawasan setempat. Lebatnya enceng gondok yang tumbuh di sepanjang aliran Sungai Pasi Bengawan Jero mengakibatkan terhambatnya arus air.

Hal inilah yang membuat Pemkab Lamongan mengerahkan backhoe amphibi untuk membantu pengerukan enceng gondok. Dengan alat berat ini diharapkan proses pembersihan bisa berlangsung cepat. Karena dalam sekali ayun lengan backhoe amphibi sama dengan kerja 10 orang selama satu jam.

Bupati Lamongan Fadeli bersama jajaran Forpimda memantau proses pembersihan enceng gondok di Jembatan Waung, Karangbinangun, Senin (11/1) siang. Fadeli mengapresiasi warga yang turut gotong royong membersihkan enceng gondok.

''Terima Kasih kepada masyarakat yang sudah turut membantu membersihkan enceng gondok, ini akan mempercepat jalannya air ke laut,'' tutur Bupati Fadeli.

Selain itu, Bupati bersama rombongan juga meninjau kesiapan pompa air yang berada di Sluis Kuro, Kecamatan Karangbinangun. Kesiapan mesin pompa untuk mempercepat surutnya genangan banjir di kawasan Bengawan Jero.

''Curah hujan yang cukup tinggi terutama di wilayah bagian selatan, ternyata mengakibatkan bendungan di Bengawan Jero mengalami kendala. Sehingga tidak dapat membuang secara langsung air dari Bengawan Solo yang cukup tinggi,'' tambah Fadeli.

Usai melakukan peninjauan, Bupati Fadeli meneruskan perjalanan mengunjungi warga terdampak banjir di Desa Putatbangah, Kecamatan Karangbinangun. Fadeli juga mengingatkan agar masyrakat terdampak banjir juga tetap menjaga kesehatan dan mentaati protokol kesehatan.

''Mari tetap menjaga kesehatan. Di situasi Covid ini kesehatan terus dijaga, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer dan yang lebih penting lagi atine seneng (hatinya senang),'' pungkasnya. (YK/OL-10)

BERITA TERKAIT