12 January 2021, 14:55 WIB

Vaksin Covid-19 Mulai Didistribusikan ke Daerah di Sumsel


Dwi Apriani | Nusantara

SEJAK 4 Januari 2021, vaksin Covid-19 Sinovac sudah tiba di Palembang, Sumatra Selatan. Namun belum didistribusikan ke kabupaten dan kota di Sumsel lantaran masih menunggu surat izin dari pemerintah pusat sementara vaksin tersebut disimpan gudang penyimpanan vaksin di Palembang.

Kini usai dikeluarkannya izin dari BPOM, 30 ribu dosis vaksin yang sudah ada di Palembang itu mulai didistribusikan ke daerah-daerah kabupaten/kota di wilayah Pemprov Sumsel. Hal ini sebagai rangkaian pelaksanaan vaksinasi serentak pada 14 Januari 2021 nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini mengatakan, tahap awal distribusi vaksin Covid-19 diserahkan ke Dinkes Kota Palembang. ''Kita sudah mulai didistribusikan ke daerah. Hari ini ada dua kabupaten dan kota yang akan kita distribusikan karena izin dari BPOM sudah keluar. Kabupaten dan kota yang lain menyusul kemudian,'' ujarnya.

Tahap awal, Kota Palembang yang mengambil vaksin Covid-19 dan segera didistribusikan ke fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan. Kemudian dilanjutkan Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten OKI.

''Tenaga kesehatan dan penunjang adalah yang pertama mendapat vaksin, barulah ke garda terdepan lainnya,'' jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, mengatakan 19.080 dosis vaksin Covid-19 yang telah diterima selanjutnya akan disimpan di gudang farmasi yang berada di Jalan Sosial, Palembang. ''Tahapan vaksinasi tetap sesuai jadwal mulai 14 Januari 2021,'' katanya.

Ia mengatakan, Dinkes Palembang sendiri sudah menyiapkan 72 lokasi vaksinasi. Terdiri dari 41 puskesmas, 26 rumah sakit, 4 klinik, dan 1 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT