12 January 2021, 11:30 WIB

Paku Alam X, Orang Pertama yang Divaksin di DIY


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

VAKSINASI Covid-19 di DI Yogyakarta untuk tahap pertama rencananya dilaksanakan pada 14-15 Januari 2021. Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaning Astutie menjelaskan selain Paku Alam X, beberapa tokoh masyarakat juga sudah menyampaikan kesediaannya untuk menjadi penerima vaksin antara lain Wakil Ketua Penggerak PKK DIY GKBRAyA Paku Alam, Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, tokoh organisasi keagamaan, organisasi profesi, perwakilan kejaksaan dan Kapolda DIY.

"Kami bersyukur para tokoh ini bersedia sehingga bisa menjadi motivasi bagi tenaga kesehatan yang akan mendapat vaksinasi tahap berikutnya," kata dia seusai video conference Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 bersama Menkes RI di Pare Anom, Senin (11/1).

Ia menjelaskan vaksinasi covid-19 di DIY dilakukan setelah vaksinasi pertama oleh Presiden RI pada 13 Januari 2021. Berdasar arahan dari Menteri Kesehatan, vaksinasi sebaiknya dilakukan di fasilitas kesehatan seperti RSUD.

"Tujuannya agar memotivasi para tenaga kesehatan dalam menerima vaksin tahap pertama," jelas dia.

Baca juga: Pakar UGM Minta Warga Berhenti Persoalkan Kehalalan Vaksin Sinovac

Ia menambahkan, syarat usia penerima vaksin yaitu 18-59 tahun dan penerima belum pernah terkena covid-19.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto memberikan dukungan penuh terhadap kebijakan vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi adalah upaya pemerintah yang kita (DPRD DIY) dukung upaya pemerintah menekan laju pertumbuhan covid-19," tuturnya.

Eko juga mengingatkan, walaupun nantinya sudah ada vaksinasi, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Tetap pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, tetap jalankan protokol kesehatan," pungkas Eko.(OL-5)

BERITA TERKAIT