12 January 2021, 10:00 WIB

Jembatan di Brebes Putus, Perjalanan Sejumlah KA Terganggu


Lilik Darmawan | Nusantara

PUTUSNYA jembatan kereta api (KA) di atas Sungai Glagah, Tonjong, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), mengakibatkan perjalanan sejumlah KA terganggu dan ada yang dibatalkan.

Jembatan yang berada di Stasiun Linggapura dan Bumiayu tersebut runtuh akibat volume air yang tinggi di Sungai Glagah pada Senin (11/1) petang.

Pejabat yang menjalankan tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto Hendra Wahyono mengatakan ada satu KA yang dibatalkan, Selasa (12/1), yakni KA Kamandaka Purwokerto-Tegal dan hanya melayani relasi Tegal-Semarang Tawang.

"Selain itu ada sejumlah KA yang terganggu perjalanannya, karena harus memutar. Sehingga berdampak pada keterlambatan KA," kata Hendra.

Baca juga: Penumpang Kereta Api Melonjak meskipun masih Covid-19

Kereta yang terganggu perjalanannya di antaranya adalah KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan-Gambir, KA Bima relasi Malang-Gambir, KA Bengawan relasi Solo Purwosari-Pasar Senen dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen. Kesemuanya mengalami keterlambatan antara 38 hingga 154 menit.

Sedangkan KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasar Senen berjalan memutar melalui lintas Kroya-Bandung-Cikampek. Sedangkan KA yang memutar Prupuk-Tegal yakni KA Gajayana relasi Gambir-Malang dan KA Parcel Tengah. KA Ranggajati relasi Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember memutar melalui lintas Tegal.

"PT KAI meminta maaf atas gangguan perjalanan KA. Saat ini, petugas sudah berada di lapangan untuk melakukan pemeriksaan kondisi konstruksi pilar. Petugas masih terus bekerja. PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KS beserta penumpang dan barang yang diangkutnya," tuturnya.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT