12 January 2021, 08:25 WIB

Tujuh Wilayah di Kalsel Dilanda Banjir


Denny Susanto | Nusantara

BENCANA banjir yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan terus meluas mencapai separuh dari wilayah tersebut yakni tujuh dari 13 kabupaten/kota yang terdampak.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel, saat ini ada tujuh kabupaten/kota yang dilanda banjir. Meliputi Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, Tanah Laut dan Kota Banjarbaru.

Kalsel dalam status waspada bencana banjir dampak dari tingginya intensitas hujan yang dikeluarkan BMKG. Banjir terparah terjadi di tiga kabupaten yaitu Tabalong, Banjar dan Tanah Laut.

"Banjir terus meluas terjadi di sejumlah daerah. Ada ribuan warga terdampak bencana banjir," tutur Kepala BPBD Kalsel Mujiyat.

Sementara Bupati Tanah Laut, Sukamta, Selasa (12/1), mengatakan debit air Sungai Tabunio meningkat akibat hujan serta kondisi rob (air pasang laut) menjadi penyebab banjir tidak kunjung surut.

"Pemerintah daerah menetapkan status tanggap darurat dan mendirikan dapur-dapur umum di lokasi bencana banjir," ungkapnya.

Baca juga: Rob Memicu Banjir di Kalsel Susah Surut

Tercatat, banjir melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Tanah Laut yaitu Pelaihari, Jorong, Bati-Bati, Tambang Ulang, Kurau, Bumi Makmur dan Kintap. Ketinggian banjir berkisar antara 50 sentimeter hingga satu meter. Selain merendam areal permukiman dan lahan pertanian warga, banjir juga menyebabkan ruas jalan trans Kalimantan terputus dan terpaksa dialihkan.

Total rumah yang terendam di beberapa kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut mencapai 3.755 buah rumah, jumlah keluarga korban banjir 3.827 keluarga atau 12.564 jiwa.

Di Kota Banjarbaru, banjir kembali melanda kawasan pendulangan intan Cempaka yang menyebabkan 290 rumah yang dihuni 1.023 warga terendam banjir. Di Kabupaten Tabalong banjir terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Jaro dan Muara Uya yang merendam ratusan rumah warga setempat.

Sementara di Kabupaten Banjar banjir belum surut dan masih merendami ribuan rumah warga pada 16 desa di sejumlah kecamatan.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT