08 January 2021, 19:47 WIB

Puluhan Nakes RSUD dr Soewondo Kendal Terpapar Covid-19


Akhmad Safuan | Nusantara

SEBANYAK 28 tenaga kesehatan yakni 20 perawat dan delapan dokter rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal terpapar covid-19, pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dibatasi dan ruang perawatan sudah ditutup karena penuh.

Sebuah papan pengumuman yang bertuliskan pelayanan IGD sementara waktu dibatasi karena ruang perawatan penuh dan banyak petugas yang terpapar Covid-19 terpapang di depan RSUD dr Soewondo Kendal. Akibatnya, banyak pasien dengan gejala korona tidak bisa berobat rumah sakit ini.

Mereka terpaksa menerima perawatan di puskesmas terdekat atau datang ke rumah sakit di daerah lain seperti Kota Semarang. Bahkan sebagian terpaksa memilih isolasi mandiri karena khawatir menyebarkan covid-19 ke lingkungan sekitar.

"Pelayanan covid-19 di RSUD sempat lumpuh karena ruang perawatan dan IGD penuh dan puluhan tenaga keseharan terpapar covid-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Moh Toha.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan sebanyak 20 tenaga keperawatan dan delapan dokter di RSUD dr Soewondo Kendal positif terpapar covid-19, sehingga dr Soewondo Kendal terpapar covid-19, pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dibatasi dan ruang perawatan sudah ditutup karena penuh.

Mengantisipasi kebutuhan pelatanan akibat kekurangan tenaga kesehatan itu, demikian Ferinando Rad Bonay, Dinkes Kendal telah memanggil delapan dokter intership yang bertugas di Kendal untuk membantu penanganan medis di RSUD.

Kekurangan 20 tenaga keperawatan, ungkap Ferinando, juga telah memanggil 20 peserta CPNS untuk ditemoatkan ke rumah sakit umum daerah itu, sementara mengisi kefakuman pekayaban diisi oleh perawat dari puskesmas. (R-1)

BERITA TERKAIT