07 January 2021, 12:38 WIB

TNI-Polri di Jateng Dukung Total Kebijakan PSBB Jawa-Bali


Widjajadi | Nusantara

Segenap personel Polri dan TNI di jajaran Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro, siap memberikan dukungan sepenuhnya terkait kebijakan pemerintah untuk memberlakukan pembatasan sosial di Jawa dan Bali mulai 11 hingga 25 Januari. Dukungan TNI-Polri ini diwujudkan dengan peningkatan Operasi Yustisi dan Operasi Aman Nusa, sebagai upaya pendisiplinan penerapan Prokes, untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona yang sulit dibendung.

"Kita, baik TNI maupun Polri didukung Satpol PP akan meningkatkan operasi yustisi dan operasi Aman Nusa sebanyak 5 kali dalam sehari di seluruh tingkatan. Mulai dari kota hingga kecamatan, baik pagi, siang maupun malam hari. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona pada masa pandemi ini," ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi usai menjadi irup gelar Latihan Gabungan TNI Polri untuk Sinergi Menjaga NKRI, di lapangan Mako Brimob Subden 3/C Pelopor Gunung Kendil, Boyolali, Kamis (7/1).

Lewat Operasi Yustisi dan Aman Nusa diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar dan berdisiplin untuk hidup sehat, dengan cara 3 M yakni bermasker di setiap kegiatan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjauh kerumunan. "Juga penegakan hukum bagi yang tidak mematuhi prokes covid 19," imbuh dia.

Menurut dia, untuk mengefektifkan dukungan penegakan protokol kesehatan (prokes) covid-19, di tingkat Polri akan dibentuk kompi khusus, yang akan meningkatkan patroli bersama TNI dan Satpol PP, untuk membubarkan kerumunan di tempat keramaian seperti di pasar, mal, dan juga tempat hiburan.

Selain itu juga dilakukan pendirian dapur umum serta pemberian bantuan alat pelindung diri (APD), seperti masker, hand sanitizer, dan penyemprotan disinfektan serta bantuan sembako untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi covid-19. "Spot-spotnya sudah kita tentukan, agar dalam pelaksanaan bisa menyeluruh dan mendekat masyarakat terdampak," katanya lagi.

Pada bagian lain, Kapolda Jateng didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono dan jajaran petinggi TNI-Polri di Solo Raya dalam latihan gabungan TNI Polri di Mako Brimob Gunug Kendil berharap, melalui Latgab ini, nantinya seluruh prajurit baik TNI maupu Polri di Jawa Tengah menjadi semakin terlatih dan makin tangguh, dalam pengabdian terhadap masyarakat dan bangsa.

Dalam Latgab TNI Polri ada materi seperti patroli skala besar, dan juga materi materi terukur lain, yang akan memperkuat posisi TNI Polri sebagai garda terdepan dan benteng terakhir dalam menjaga NKRI dari segala gangguan, termasuk menanggulangi terorisme dan radikalisme.

Latgab TNI Polri di lingkungan Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro menggunakan tempat Mako Brimob Subden 3/C Pelopor Gunung Kendil, Boyolali dan kawasan Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Di Gunung Kendil digelar latihan dan loma menembak. (WJ/OL-10)

Caption : Kapolda Jateng didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso dan para petinggi Polri dan TNI di Solo Raya memeriksa barisan prsjurir TNI-Polri dalam pembukaan Latgam di Mako Brimob Subden 3C Pelopor Gunung Kendil, Kamis (7/1).(MI/Widjajadi)

BERITA TERKAIT