04 January 2021, 19:33 WIB

Unpad 'Kecolongan' Soal Pengangkatan Kader HTI Jadi Pimpinan


Bayu Anggoro | Nusantara

UNIVERSITAS Padjajaran Bandung memastikan telah mencopot Asep  Agus Handaka Suryana dari jabatan Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Pencopotan ini tertera dalam surat keputusan rektor  Nomor 86/UN6.RKT/Kep/HK/2021 tentang pemberhentian nama tersebut.

Direktur SDM Unpad, Aulia Iskandarsyah mengatakan, pihaknya telah berkomitmen menjalankan fungsi sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Menurutnya, komitmen inipun berlaku dalam penentuan pejabat-pejabat di lingkungan kampusnya itu.

Aulia menyebut, rekam jejak Asep sebagai kader dan pengurus HTI tidak diketahui pihaknya saat pemilihan. "Juga tidak tersampaikan kepada pimpinan universitas selama proses pemilihan wakil dekan fakultas," ucapnya.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya langsung mencopot Asep dan menggantinya dengan Eddy Afrianto untuk mengisi jabatan tersebut. "Penggantian dan pelantikan wakil dekan bidang sumber daya dan organisasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad dilaksanakan pada  Senin, 4 Januari 2021 pukul 08.00," katanya.

Sebelumnya, massa yang mengatasnamakan Alumni Unpad Peduli Pancasila menyesalkan atas keputusan Rektor Unpad yang sempat mengangkat mantan pimpinan HTI menjadi wakil dekan fakultas periksa dan kelautan. Mereka menilai hal ini telah mencederai prinsip nilai-nilai Pancasila sehingga tidak bisa dibiarkan.

Koordinator Alumni Unpad Peduli Pancasila, Budi Hermansyah, mengatakan, seharusnya Rektor Unpad tidak gegabah dalam mengangkat pejabat di Unpad. "Harus tahu dulu rekam jejak calon pejabat yang akan diangkat, sehingga tidak terjadi kegaduhan," katanya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT