03 January 2021, 14:14 WIB

Jasa Wisata dan Ekraf Malang Raya Kantongi Sertifikat CHSE


Bagus Suryo | Nusantara

Pemerintah daerah di Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, Jawa Timur, memastikan pelaku usaha jasa wisata dan ekonomi kreatif mengantongi sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE). Sertifikat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu untuk menumbuhkan sektor pariwisata 2021.

"Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf, itu program pusat. Di Kota Malang yang mendapatkan serifikat sudah lumayan banyak," tegas Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, Minggu (3/1).

Ia menjelaskan pelaku jasa wisata secara mandiri sudah menerapkan protokol kesehatan dan CHSE. Selama masa pandemi covid-19, Disporapar juga sudah memverifikasi protokol kesehatan usaha pariwisata. "Tingkat kepatuhan terhadap prokes bagus, sangat tinggi," tuturnya.

Sementara itu Direktur Utama Hawai Group Malang Bambang Judo Utomo menyatakan sudah mengantongi sertifikat CHSE. "Surat keterangan dari Menteri Pariwisata, ini uji kelayakan, higienis dan steril. Tes 40 poin, hasil tes sangat memuaskan. Yang punya hanya Hawai Group," katanya.

Bambang mengungkapkan berwisata di Hawai Group yang lokasinya tak jauh dengan gerbang tol Singosari sangat aman dan sehat. Wisatawan tak perlu khawatir, sebab seluruh areal wisata sudah dipastikan kesehatannya, bahkan tersertifikasi.

Taman air kolam pemandian atau waterpark pun sesuai protokol kesehatan. Petugas mengetes dan mengecek klorin dan PH air tiga kali sehari sesuai standar kesehatan dunia.Dengan demikian wisatawan bisa menikmati seluruh wahana wisata di areal seluas 7 ha, di antaranya tsunami pool, jet coaster, museum ganesya, tornado slide, magic journe, lampion area, dinopark area, hula-hula slide, adventure land dan objek lainnya. (BN/OL-10)

BERITA TERKAIT