29 December 2020, 10:15 WIB

Tanpa Amien Rais, Muswil PAN DIY akan Lebih Segar


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

DPW PAN DIY akan menggelar Musyawarah Wilayah PAN DIY pada 30 Desember 2020 setelah keluarnya Amien Rais dari PAN beberapa waktu yang lalu. Muswil kali  ini, terang Ketua Steering Committee (SC) Muswil PAN DIY, Suharwanto akan  lebih segar karena akan lebih mendengungkan jati diri PAN, yaitu mengusung gagasan-gagasan baru yang konstruktif.

"Teman-teman muda diberi peran lebih untuk menyampaikan gagasan-gagasan baru dan segar, baik di daerah maupun tingkat pusat. Kinerja partai akan dikuatkan," terang dia dalam konferensi pers di Kantor DPW PAN DIY di Yogyakarta, Senin (28/12).

Muswil tersebut akan dihadiri oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, secara daring. Selain itu, pihaknya juga akan mengundang Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dalam pembukaan Muswil di Hotel Inna Garuda. Kegiatan Muswil PAN akan  menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Ia menyebut, agenda Muswil PAN tersebut salah satunya adalah memilih anggota formatur dari dua belas calon hasil penjaringan. Adapun 12 calon tersebut adalah Suharwanto, Indaruwanto Eko Cahyono, Respati Agus Sasongko, Sugeng Nurmanto, Heroe Poerwadi, Mahmud Ardi Widanto, Hanum Salsabila, Arif Kurniawan, Priyo Santoso, Atmaji, Arif Noor Hartanto, dan Inoki Azmi.

Mekanismenya pemilihan anggota formatur sebisa mungkin dilakukan melalui musyawarah untuk mufakat. Namun, apabila tidak tercapai mufakat, mekanisme yang ditempuh selanjutnya adalah pengambilan suara.

Suharwanto juga menyampaikan, terkait adanya kader-kader PAN yang keluar dari PAN karena proses Pilkada, pihaknya akan menyelami persoalan yang ada. 

"Apabila kader tersebut masih bisa diajak berjuang bersama PAN, tidak ada salahnya mengajak kembali ke PAN," lanjutnya.

baca juga: Hatta Rajasa Jadi Ketua MPP PAN, Amien Rais ke Mana?

Menurut dia, Muswil juga menjadi tempat untuk melakukan konsolidasi menghadapi agenda-agenda politik ke depan. Menanggapi pengaruh keluarnya Amien Rais dan munculnya partai Ummat terhadap PAN, terang Suharwanto, pihaknya belum bisa menjawab karena harus di lihat ke depannya. 

"Tanpa adanya partai baru baru pun, PAN tetap  konsolidasi. Partai-partai lama yang aktif pun banyak," pungkas dia. (OL-3)

BERITA TERKAIT