24 December 2020, 16:10 WIB

TNI Beri Bantuan keluarga Korban Terorisme dan Eks Napiter Poso


Mitha Meinansi | Nusantara

MEMPERINGATI Hari Juang Kartika ke-75, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Rabu, (23/12). Untuk meninjau pelaksanaan gerakan bakti sosial TNI - Polri peduli Covid-19 di Kabupaten Poso, serta dialog lintas agama dan lintas generasi.

“Kegiatan seperti ini merupakan bentuk satu kesatuan dan saling bantu sesama anak bangsa. Saya mengapresiasi karena Pilkada serentak di Kabupaten Poso, bisa berlangsung aman dan lancar,” kata Hadi Tjahjanto.

Beliau tiba di Bandara Kasiguncu Poso didampingi Irwasum Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto bersama rombongan dengan menggunakan 2 unit pesawat TNI Angkatan Udara jenis CN-295/A-2908 dan CN-295/A-2904.

Dalam kegiatan Panglima TNI dan Irwasum Polri, dilakukan penyerahan bantuan berupa kunci rumah bagi korban penyerangan teroris di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, dan pemberian santunan bagi keluarga korban terorisme, serta penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat Poso Pesisir dan para Eks Napiter Poso.

Maksud lain dari kunjungan tersebut adalah juga untuk mengecek kesiapan Kotis Satgas Tinombala, serta anggota Satgas Tinombala untuk melakukan operasi pengejaran kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), yang masih bersembunyi di kawasan hutan pegunungan Poso, Sigi dan Parigi Moutong.

Bupati Poso, Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu, memberikan apresiasi terkait kunjungan Panglima TNI dan Irwasda Polri, di Kabupaten Poso. Bupati Poso sangat berharap agar situasi di Kabupaten Poso ini benar-benar aman dan kondusif, seperti yang diharapkan masyarakat Poso saat ini.

“Kiranya membawa angin segar bagi keberhasilan Operasi Tinombala. Ini sebagai bentuk penegasan bahwa Pemerintah benar-benar serius menangani masalah teroris di Kabupaten Poso, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menjadi resah,” ujar Bupati Darmin, saat menjemput kedatangan Panglima TNI di Bandara Kasiguncu.

Serupa dengan Bupati Poso, Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Baco Dg. Palabbi yang juga turut menjemput kedatangan Panglima TNI, menaruh harap kiranya kehadiran Panglima TNI dan Irwasum Polri sebagai tokoh negara dapat memberikan pencerahan terkait penanganan terorisme di Kabupaten Poso.

Wagub Sulteng juga berharap penanganan terorisme di Kabupaten Poso dapat segera terselesaikan, agar tidak berlarut-larut. Sehingga dapat menimbulkan kembali kepercayaan masyarakat. “Semoga aparat keamanan serta mitra terkait lainnya dapat segera menyelesaikan persoalan yang majemuk ini,” tutur Rusli Palabbi.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Rusli Palabbi mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI dan Kapolri atas bantuan yang diberikan untuk masyarakat di Kabupaten Poso. (OL-13)

Baca Juga: Libur Nataru, Kapal Penumpang Diprioritaskan Masuk Pelabuhan

 

BERITA TERKAIT