21 December 2020, 09:59 WIB

Jelang Libur Nataru, Jalur Pantura Banyak yang Rusak


Supardji Rasban | Nusantara

MENJELANG libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, banyak insfrastruktur jalan di daerah yang mengalami kerusakan akibat terus diguyur hujan. Salah satunya di jalur utama Pantura Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal hingga Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Dari hasil pemantauan, banyaknya kerusakan di ruas badan jalan di jalur Pantura wilayah Jawa Tengah bagian barat tersebut, umumnya pada badan jalan yang berlubang serta bergelombang.

Kerusakan jalan arteri itu, antara lain di ruas jalur Pantura Desa Cihomong, Desa Bangsri (Kecamatan Bulakamba, Brebes), dan di ruas Desa
Suradadi, Kecamatan Suradadi (Kabuaten) Tegal).

Baca juga: Pesawat Lion Tergelincir, Seluruh Penumpang Selamat

Banyaknya ruas jalur Pantura yang rusak tersebut dibenarkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Provinsi Jawa Tengah Juniar Perkasa.

"Iya, betul kerusakan jalan itu sudah dimulai saat masuk musim penghujan. Dan kami terus melakukan perbaikan," ujar Juniar melalui pesan WhatsApp, Senin (21/12).

Juniar menyebut kondisi cuaca dengan intensitas hujan yang cukup tinggi banyak mengakibatkan jalan berlubang dan juga bergelombang serta
aspal yang mengelupas.

"Tetapi, alhamdulillah, kami, setiap hari, selalu melakukan penutupan (perbaikan) jalan dengan tiga tim yang ada di lapangan," terang Juniar.

Juniar menjelaskan ruas jalur Pantura wilayah kerjanya sepanjang kurang kebih 66 Kilometer mulai dari perbatasan Jawa Tengah di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Pengguna jalan agar tetap berhati-hati. Kami siap selalu menerima informasi kerusakan baik via medsos
atau secara langsung untuk segera kami tangani," pungkas Toni, sapaan Juniar Perkasa. (OL-1)

BERITA TERKAIT