10 December 2020, 13:38 WIB

Semua Rumah Sakit Kabupaten di Kalteng Penuh


Surya Sriyanti | Nusantara

JUMLAH pasien covid-19 meningkat di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalteng membuat semua rumah sakit yang berada di kabupaten penuh. Hal ini dikatakan Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Kalteng dr. Sayuti Syamsul kepada wartawan di Palangka Raya, Kamis (10/12).

"Saat ini semua rumah sakit di kabupaten penuh. Karena rumah sakit provinsi yakni RSUD Doris Sylvanus hanya fokus menerima pasien rujukan yang kondisinya parah misalnya yang memerlukan terapi plasma," ujar Sayuti yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng.

Selebihnya, rumah sakit kabupaten yang merawat pasien positif didaerahnya.

"Untuk pasien OTG kami harapkan lakukan isolasi mandiri namun tetap harus di bawah pengawasan dari pemerintah setempat mulai dari RT hingga tenaga medis agar tidak menularkan kepada keluarga atau orang di sekitarnya," ungkapnya.

Baca juga:  Zona Merah Covid Kalteng Bertambah Menjadi Empat Daerah

Karena, menurut Suyuti, ada prosedurnya jika seorang pasien melakukan isolasi mandiri misalnya di kamar sendiri, tidak berinteraksi dengan keluarga dan menggunakan peralatan terpisah dan semua itu ada aturannya serta dalam pengawasan tenaga medis juga.

Sambil menunggu adanya vaksin, dirinya berharap semua masyarakat disiplin protokol kesehatan.

"Karena hanya dengan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak serta hindari kerumunan maka akan terhindar dari penyebaran covid-19," jelasnya.

Terpenting, saat ini masyarakat disiplin prokes dan pemerintah juga harus memberikan peringatan secara terus menerus pada masyarakat soal bahaya covid-19.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT