08 December 2020, 14:55 WIB

Mesin Kapal Distribusi Logistik Rusak Pilkada Jambi Molor


Solmi | Nusantara

SATU unit kapal motor yang digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjab Barat mengangkuti logistik mendistribusikan logistik Pilkada Serentak 2020, terombang-ambing di alur pelayaran muara Sungai Pengabuan, karena mengalami kerusakan mesin.

Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, KM Sederhana terombang ambing satu jam lebih dalam perjalanan pendistribusian logistik Pilgub Jambi dan Pilbup Kabupaten Tanjungjabung Barat ke dua kecamatan, yakni Kecamatan Seberang Kota dan Kecamatan Senyerang.

"Kita ikut mengawal langsung. Alhamdulillah kerusakan bisa diatasi anak buah kapal. Walaupun molor menjelang magrib, Senin kemarin, logistik pilkada ke dua kecamatan tujuan sampai dengan selamat," sebut Kapolres Tanjungjabung Barat AKBP Guntur Saputro, Selasa (8/12).

Diperoleh informasi KM Sederhana yang digunakan KPU dan PT Pos Indonesia, mesinnya mati mendadak tidak lama berselang setelah munculnya asap hitam dan bau sangit kebakaran dari arah ruang mesin kapal. Setelah ditelusuri, ternyata radiator mesin kapal mengalami  kebocoran cukup serius.

Menurut Ketua KPUD Tanjab (Tanjungjabung) Barat Hairuddin, karena bertopografis daerah pasang surut, sebagian logistik pilkada serentak menggunakan angkutan air.

Sementara yang diangkut KM Sederhana dari Pelabuhan Marina lepas siang kemarin, membawa 164 paket logistik untuk kebutuhan puluhan TPS di Kecamatan Seberang Kota dan Kecamatan Senyerang. Untuk beberapa desa di dua kecamatan yang berada di kawasan pasang surut itu,  usai diturunkan dari KM Sederhana dilansir dengan perahu kayu lebih kecil (ketek).

Pendistribusian logistik pilkada serentak antara lain berupa kotak suara, surat suara dan formulir pendukung lainnya, dikatakan Hairuddin, dengan pengawalan Polri dan TNI, dipastikannya pada H minus satu Selasa (8/12) sampai ke TPS.  (OL-13)

Baca Juga: Istana Serahkan Kasus Pendukung Rizieq ke Polda Metro

BERITA TERKAIT