07 December 2020, 17:41 WIB

Puluhan Petugas KPPS Indramayu Positif Covid-19


Nurul Hidayah | Nusantara

PULUHAN petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Sebanyak 24 anggota KPPS diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengaku belum menerima medical report dari Dinkes Indramayu mengenai hasil pemeriksaan swab petugas KPPS tersebut. "Tapi kalau ada yang positif Covid-19, kami akan mengambil langkah sesuai aturan," ungkap Toni, Senin (7/12).

Dijelaskan Toni, jika nanti dalam satu TPS jumlah petugasnya kurang dari lima orang, maka petugas yang positif covid-19 itu akan diganti. Namun jika petugas KPPS dalam satu TPS masih lebih dari lima orang, maka mereka tetap berjalan sejumlah petugas yang ada. Artinya petugas yang positif covid-19 tidak perlu diganti. "Dalam satu TPS, ada tujuh petugas KPPS dan dua petugas ketertiban," ungkap Toni.

Seperti diketahui, KPU bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu sebelumnya menyelenggarakan kegiatan rapid test massal kepada KPPS, panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Pelaksanaan rapid test massal itu dilakukan mulai 18 November 2020 hingga 5 Desember 2020. Tercatat ada 31.804 orang yang dites rapid. Jika ada yang hasilnya reaktif, maka ditindaklanjuti dengan tes swab.

24 orang petugas KPPS yang positif Covid-19 menjadi bagian dari penambahan 53 kasus baru positif di Kabupaten Indramayu pada Minggu (6/12). Dengan penambahan tersebut, maka total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Indramayu saat ini mencapai 1.034 orang. (R-1)

BERITA TERKAIT