06 December 2020, 05:50 WIB

3M Amankan Pesta Demokrasi


HERI SUSETYO | Nusantara

SEUSAI subuh, sejumlah petugas sudah datang ke tempat pemungutan suara. Mereka menyemprot seluruh meja, kursi, peralatan, dan lantai dengan cairan disinfektan.

Ketika matahari muncul, puluhan warga datang dan mendaftar. Namun, petugas tidak mengizinkan semuanya masuk ke lingkungan TPS. “Hanya 10 pemilik hak
suara yang boleh masuk dalam satu waktu. Mereka juga harus lolos pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dengan hand sanitizer, dan wajib mengenakan masker,” kata Penjabat Bupati Sidoarjo Hudiyono.

Kemarin, Komisi Pemilihan Umum Daerah Sidoarjo menggelar simulasi pemilihan untuk Pilkada 9 Desember. Simulasi berlangsung di halaman kantor Polresta Sidoarjo. Yang mungkin berbeda dengan daerah lain, mereka mewajibkan hanya 10 warga yang boleh masuk TPS.

“Di setiap TPS, kami sudah menyiapkan petugas yang khusus menangani protokol kesehatan,” sambung Hudiyono.

Dengan sejumlah persiapan yang sudah dilakukan di TPS, anggota KPUD Jawa Timur Miftahur Rozak optimistis pilkada serentak di wilayahnya tidak akan menjadi klaster baru penyebaran covid-19.

“Seluruh prasyaratnya sudah kami penuhi, mulai alat pelindung diri hingga fasilitas yang dibutuhkan.”

Ia meminta warga tidak ragu datang ke TPS. “Tapi, masyarakat juga harus disiplin menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, sehingga infeksi baru tidak terjadi.”

Pilkada serentak di Jatim akan digelar di 16 kabupaten dan tiga kota. Ada lebih dari 48 ribu TPS dengan jumlah pemilih 18,6 juta orang.


Disiplin


Berada di zona oranye, Satgas Covid-19 Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, terus me ngumandangkan ajakan kepada warga untuk menerapkan 3M. “Kami tidak akan pernah berhenti melakukannya,” tegas Juru Bicara Satgas Seftiani Peratita.

Di daerah ini sudah 606 warga terinfeksi covid-19. Sebanyak 44 warga masih dalam perawatan, 539 orang sudah sembuh, dan 24 meninggal dunia.

Pengabaian protokol kesehatan di sejumlah daerah berdampak sangat buruk. Di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja Iing Solihin meninggal dunia dalam perawatan.

Bupati Aa Umbara memerintahkan penutupan kantor dinas yang dipimpin almarhum. “Kembali lagi saya ingatkan masyarakat patuh dengan protokol kesehatan,
hindari kerumunan,” jelasnya.

Ledakan jumlah pasien baru juga terjadi di Kalimantan Tengah. Dalam satu hari, ada penambahan 179 kasus baru. Terus bertambahnya kasus baru membuat Kabupaten Kotawaringin Timur masuk zona merah, sedangkan 13 daerah lain di zona oranye.

“Upaya kami untuk menekan angka kasus baru ialah terus melakukan operasi yustisi. Kami minta masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan,” ujar Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi.

Di Nusa Tenggara Timur, penambahan terus terjadi. Kemarin, ada 16 warga positif terinfeksi.

Di wilayah ini, protokol kesehatan juga belum dilaksanakan dengan disiplin. Salah satunya di Pasar Kasih, di Kota Kupang, penjual dan warga masih tidak
mengenakan masker dan menjaga jarak.

Di sisi lain, kegigihan tenaga kesehatan juga membuahkan hasil baik. Di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dalam sehari ada 219 pasien yang sembuh, jauh di atas jumlah pasien baru 12 orang.

“Total pasien sembuh sudah mencapai 1.780 orang. Tim kesehatan masih harus bekerja keras karena saat ini ada 644 pasien yang menjalani perawatan,”
kata Juru Bicara Satgas Cokro Aminoto. (DW/DG/SS/PO/LD/JS/RF/GL/N-2)

BERITA TERKAIT