04 December 2020, 12:10 WIB

Kasus Covid-19 di Kebumen Naik


Lilik Darmawan | Nusantara

KASUS Covid-19 di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) dalam sehari kembali melonjak. Pada Kamis (3/12) dalam sehari mencapai 102 kasus, hal itu sama seperti kasus pada Senin lalu yang mencatat 126 kasus. Dengan adanya lonjakan kasus tersebut, maka saat sekarang jumlah total mencapai 2.731 kasus.

Kepala Bidang Informasi Publik Satgas Penanggulangan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto, mengatakan bahwa kenaikan kasus tersebut juga diikuti dengan laju kesembuhan yang tercatat 31 pasien dalam sehari. 

"Secara total, sudah ada 2.731 kasus. Kasus yang baru muncul merupakan pasien yang kontak erat dengan pasien sebelumnya," kata Cokro pada Jumat (5/12).

Dijelaskan oleh Cokro, sampai sekarang Kebumen memang masih dalam kategori zona merah. Di tingkat kecamatan, masih ada 7 kecamatan zona merah, 16 zona oranye dan 3 kecamatan zona kuning. 

"Tujuh kecamatan zona merah adalah Sempor, Karanggayam, Gombong, Karanganyar, Buayan, Kuwarasan dan Pejagoan, " ┬Łujarnya.

Menurutnya, Satgas Covid-19 Kebumen terus berusaha untuk menekan angka penularan Covid-19 di kabupaten setempat. Di antaranya adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi pasien positif Covid-19 serta melanjutkan operasi yustisi dengan penegakan Perbub No.68 tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Kebumen. 

baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Klaten Belum Bisa Ditekan

"Penegakan dilakukan oleh tim gabungan terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri dan Linmas," tegasnya.

Di sisi lain, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi mengenai kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan kepada masyarakat dengan menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI dan kepolisian. (OL-3_

BERITA TERKAIT