03 December 2020, 14:45 WIB

Program Pemuda Mandiri di Garut Bantu Modal Usaha, Ini Syaratnya


Adi Kristiadi | Nusantara

DINAS Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut menawarkan program pemuda mandiri agar mereka mampu berwirausaha. Bantuan yang diberi bagi peserta program ini berupa pelarihan dan barang produksi.

"Di tengah pandemi covid-19, kami memiliki program pemuda mandiri agar para pemuda mampu berwirausaha malalui pelatihan dan bantuan usaha produktif. Misalnya berternak ayam agar perekonomian mereka meningkat," kata, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko, Kamis (3/12).

Usep berharap, program pemuda mandiri ini dapat dimanfaatkan generasi muda di Kabupaten Garut. Mereka bisa terbantu dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraanya. Untuk mendapatkan bantuan ini, syaratnya usahanya harus berbadan hukum atau bergabung dengan sebuah lembaga yang sudah memiliki badan hukum.

"Kami meminta agar pemuda harus memiliki usaha dengan mengajukan proposal, kalau di bank harus berbadan hukum, tetapi kalau tak memiliki boleh ikut ke yang berbadan hukum misalnya ada pesantren, digabung dengan pesantren jadi kita membantu untuk kelompok pemuda di bawah binaan pesantren," ujarnya.

Ia mengatakan, pemuda berwirausaha untuk sekarang ini sudah ada yang mendapatkan bantuan berupa 50 ekor ayam petelur hingga satu kwintal pakan ternak. Bantuan tersebut, awalnya berupa uang, namun karena dianggap tidak efisien maka diubah menjadi barang ataupun bahan produksi supaya mereka tetap melakukannya dengan penuh semangat.

"Kalau dulu berupa uang yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), setelah dievaluasi kalau berupa uang mereka menafsirkan tidak tepat penggunaan dan juga sasaran. Akhirnya diputuskan, misalnya satu kelompok dikasih 50 ekor ayam dan pakan 1 kwintal dan mereka bisa melakukan usaha dengan menjual hasil produksinya," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: KPK Angkut 8 Sepeda, Duit Rp4 Miliar dari Rumah Edhy Prabowo

BERITA TERKAIT