03 December 2020, 10:31 WIB

Perlu Posko Covid-19 di Pintu Keluar Masuk Tol


Supardji Rasban | Nusantara

ANTISIPASI libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, anggota DPR Komisi IX Dewi Aryani meminta kepolisian dan pihak terkait untuk membuat posko covid-19. Sebab akan banyak warga memanfaatkan libur atau mudik yang melintasi jalan tol dan jalan arteri.
    
"Meski masih dalam masa pandemi covid-19 libur panjang selalu akan ada lonjakan arus mudik dan masyarakat yang melakukan perjalanan liburan," ujar Dewi di Rumah Aspirasi HD, Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (2/12).

Dewi menyebut posko covid bisa didirikan di jalur keluar masuk Tegal atau Brebes. Petugas bisa memeriksa bukti bebas covid-19 bagi orang yang masuk dan keluar Tegal dan Brebes seperti halnya dilakukan di bandara. 

"Berlakukan pengecekan surat hasil rapid test atau swab test di pintu keluar tol yang masuk ke wilayah Brebes dan Tegal, untuk antisipasi yang datang dari berbagai daerah lain terutama yang datang dari kota-kota zona merah," terang Dewi legislator Dapil Jawa Tengah yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten/Kota Tegal dan Brebes itu.

baca juga: Babel Terapkan Gas dan Rem Hadapi Liburan Akhir Tahun
     
Menurutnya untuk mencegah penularan virus korona  penindakanya harus tegas. Karena semakin longgar pengawasanya, masyarakat akan semakin abai. Hal ini bisa berbahaya karena bisa meningkatkan kasus covid-19.

Dewi menyebut kepolisian dan Gugus Tugas Covid-19 bisa berdampingan. Jika ada pendatang yang terpapar maka bisa langsung diantisipasi. Penempatan posko di semua titik seperti exit tol, pantura maupun rest area. (OL-3)

BERITA TERKAIT