03 December 2020, 08:07 WIB

UMS Siapkan Ruang Isolasi Khusus Untuk Dosen


Widjajadi | Nusantara

KAMPUS Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyiapkan tempat isolasi khusus bagi civitas akademik yang terpapar covid-19, sebagai antisipasi penularan yang meluas.

"Kita siapkan dua tempat khusus untuk isolasi mandiri bagi dosen dan karyawan yang terkena Covid-19. Tapi mudah-mudahan tidak ada civitas akademik UMS yang terpapar," kata Rektor UMS, Sofyan Anis di Kampus UMS Pabelan, Rabu (2/12).

Dua tempat isolasi yang disediakan itu berada di tengah kota yakni Ramayana House di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo dan Kampus UMS di Jalan Dr Radjiman Laweyan. Keduanya punya banyak ruangan dan kamar, sehingga sangat baik untuk tempat isolasi mandiri bagi dosen dan karyawan UMS yang terpapar covid-19..

Sofyan berharap penyediaan tempat isolasi bagi civitas akademik yang terpapar ini, akan mengamankan anggota keluarganya yang ada di rumah dari kemungkinan tertular.

"Ini bentuk kepedulian UMS kepada dosen dan karyawan untuk memulihkan daya tahan tubuh agar kembali sehat, dan sekaligus menjauhkan anggota keluarganya dari kemungkinan tertular," imbuh dia.

Kepedulian UMS Surakarta dalam penanggulangan covid-19 ini sebenarnya sudah dilakukan  sejak virus jahat asal Wuhan, Tiongkok itu mewabah mulai Maret silam, lewat pembentukan Satgas. Bahkan Satgas Covid-19 kali ini menurut Rektor UMS Sofyan, agak berbeda dengan peran satgas yang dibentuk pada Maret silam. 

baca juga: Klaten Belum Bisa Turunkan Kasus Covid-19

"Yang dibentuk pada Maret lalu kami beri nama Satgas Peduli Covid, dengan fokus pada aktifitas kampus melawan covid seperti memberikan edukasi, penyemprotan disenfektan, hingga pembagian sembako kepada masyarakat terdampak khususnya di area seputar kampus," kata dia.

Sedang Satgas Covid-19 yang sekarang ini berfungsi lebih meluas, karena tidak hanya memberi santunan, tetapi juga mengupayakan kampus UMS bersih dari covid-19. (OL-3)

BERITA TERKAIT