03 December 2020, 07:10 WIB

TPID Harus Jaga Stabilitas Harga Jelang Akhir Tahun


Apul Iskandar | Nusantara

UNTUK mengantisipasi gejolak harga dan ketersediaan pasokan pangan, serta kelancaran distribusi kebutuhan pokok menjelang akhir tahun, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara menggelar High Level Meeting.

Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto menjelaskan TPID bertugas memantau perkembangan harga komoditaas terutama harga pangan di pasar melalui pengecekan barang di pasar untuk pengendalian harga.

"Juga memantau ketersediaan pasokan barang dan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat dan berkoordinasi dengan pelaku usaha untuk mengatasi keterlambatan atau kekurangan stok kebutuhan pokok. Memantau penyimpangan atau penimbunan, serta meminalisir gangguan distribusi pasokan bahan kebutuhan pokok yang didukung kesiapan moda angkutan", kata Kusdianto pada High Level Meeting TPID, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Rabu (2/12).

Ia meminta agar TPID tetap menjaga stabilitas harga dan pasokan barang menjelang akhir tahun dan perayaan agama sehingga tidak meresahkan masyarakat.

baca juga: Tetap Sehat di Masa Liburan Panjang

Acara tersebut dihadiri  Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Edhy Rahmanto Hidayat. Ia juga meminta TPID meningkatkan pengawasan barang selundupan, barang kadaluwarsa, hingga barang impor tidak layak digunakan atau dikonsumsi,

"Melaksanakan operasi pasar murah khusus beras dengan menggunakan cadangan pangan pemerintah serta meningkatkan kerja sama dengan para pedagang antar daerah terutama untuk komoditas-komoditas inflasi di Kota Pematangsiantar," terangnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT