02 December 2020, 17:41 WIB

Pasien Covid-19 di Tasikmalaya Masuk Daftar Tunggu Perawatan


Kristiadi | Nusantara

MENINGKATNYA kasus pasien positif covid-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, membuat seluruh ruangan isolasi rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soekardjo dan rumah susun sewa (Rusunawa) Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya penuh.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan saat ini, ada 30 pasien positif Covid-19 masuk dalam daftar tunggu di RSUD dr Soekardjo dan rumah sakit swasta.

Seluruh ruangan isolasi sudah penuh hingga 30 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 masuk dalam daftar tunggu ruang isolasi di rumah sakit. Kami juga sekarang ini berupaya akan melakukan rapat koordinasi dengan tim satuan tugas Covid-19 terutama melakukan langkah penanganan ke depan," katanya, Rabu (2/12).

Ia mengatakan, Pemkot Tasikmalaya akan melakukan beberapa langkah terkait penuhnya ruangan perawatan dan isolasi. Selain puluhan pasien yang masuk daftar tunggu, Pemkot Tasikmalaya mengantisipasi tambahan lonjakan pasien  

"Kita masih menunggu hasil tracing terhadap 42 orang kontak erat dengan beberapa klaster yang muncul di Kota Tasikmalaya, mulai dari keluarga, pesantren, dan tempat kebugaran. Walau demikian, gugus tugas akan terus melakukan swab test secara masif di setiap lokasi," ujarnya.

Menurutnya, penuhnya ruang isolasi berada di Kota Tasikmalaya membuat pemerintah Kota Tasikmalaya harus menyiapkan langkah yakni anggaran sewa hotel diperuntukan untuk para pasien terkonfirmasi positif dan ruangan itu juga harus semuanya memakai CCTV.

"Kami akan mengajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkaitan dengan ruang isolasi covid-19 agar semuanya itu bisa ditangani. Mudah-mudahan saja, bisa mengcover untuk pembiayaan sewa hotel dan itu setiap bulan diperkirakan menghabiskan antara Rp100 juta," paparnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 tercatat 744 kasus di antaranya 432 orang sembuh, 285 pasien dirawat di ruangan isolasi dan 27 orang meninggal dunia. (R-1)

BERITA TERKAIT