01 December 2020, 19:50 WIB

Puluhan Pelajar SMP di Surabaya Terpapar Covid-19


Faishol Taselan |

SATGAS Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Jawa Timur melakukan tracing 36 siswa SMP yang diketahui terpapar Covid-19.   

"Begitu hasil swab ada 36 siswa SMP terpapar, kami langsung melakukan tracing dengan siapa saja mereka kontak,"kata Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara di Surabaya, Selasa (1/12)

Pemkot Surabaya berencana awal Januari 2020 membuka tatap muka serentak untuk siswa SMP. Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan tes swab terhadap seluruh siswa SMP secara bertahap.

Namun, saat dilakukan tes swab tahap pertama. Ditemukan 36 siswa SMP terpapar Covid-19. Mereka kini menjalani isolasi dan ada yang dirawat. Pihaknya belum berani 36 pelajar tersebut terpapar virus Corona dari mana.

Sebab, tim tracing perlu mendalami aktivitas mereka selama 14 hari terakhir sebelum tes swab pada Rabu 25 November itu.

Tracing pada kontak erat saat ini terus dilakukan, jelas Febri, pihaknya enelusuri siapa saja yang pernah kontak dengan mereka. Termasuk bakal dilakukan pemeriksaan pada kontak erat itu.

"Tentu keluarganya juga akan dilakukan tes juga. Karena kontak eratnya dari siswa yang positif ini. Ini terus dilakukan," ujarnya.

Sementara untuk proses isolasi, Pemkot bakal memperhatikan hasil assesment. Nanti akan dinilai rumah pelajar yang terpapar itu apakah memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri. "Jika tidak memungkinkan maka akan dibawa ke Asrama Haji," ujarnya.

Dia pun berpesan, agar seluruh pihak dapat menyadari jika Covid-19 bukanlah aib. Meskipun tetap harus dihindari segala potensi penyebarannya. "Kami mohon warga untuk tetap disiplin protokol kesehatan," pintanya.(OL-13)

Baca Juga: Jokowi Lanjutkan Pembubaran Lembaga Negara 

BERITA TERKAIT