01 December 2020, 18:40 WIB

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi terkait klaster dharma wanita. Keduanya sudah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan isolasi dalam satu ruangan selama 14 hari kedepan.

"Bapak (Gubernur Syamsuar) terkonfirmasi Covid-19 sesudah acara paripurna DPRD Riau, Senin (30/11). Beliau merasa tak enak badan kemudian dilakukan uji swab dan hasilnya terkonfirmasi Covid-19," kata juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Riau dokter Indra Yovi di Pekanbaru, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan, Gubernur Riau dan istri hanya mengalami gejala ringan. Namun, tim dokter gabungan yang menanganinya menyarankan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Hal itu mengingat faktor usia keduanya.

"Beliau menjalani pemeriksaan sesuai standar Covid-19. Beberapa dokter sudah menanganinya yang nanti akan dibentuk tim dokter yang bersinergi untuk merawat gubernur. Keduanya, gubernur dan istri dirawat dalam satu ruangan karena lebih baik secara psikologis dari pada isolasi sendiri," terang Yovi.

Yovi mengungkapkan, selain Gubernur Riau, perkembangan klaster dharma wanita juga terdapat penambahan berupa sejumlah Kepala Dinas dan istri. Namun Yovi tidak bisa memastikan asal muasal sumber penularan tersebut.

"Ada kecurigaan karena acara gubernur banyak. Tetapi secara protokoler dan disiplin berlangsung baik. Bisa jadi masuk (virus covid) bukan saat acaranya. Namun saat makan-makan yang seringkali orang lalai," ungkap Yovi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan sampai saat ini dipastikan sekitar 20 orang terkonfirmasi dalam klaster Dharma Wanita. Terdapat penambahan dari sebelumnya yaitu Kepala Biro Adpim, Kepala Dinas Kebudayaan dan istri, Kepala Biro Pembangunan dan istri, dan Kepala Dinas Perkebunan dan istri.

Baca Juga: Komunitas Biara Kkottongaen di Mabar Terpapar Covid-19

"Harapan kita tidak ada lagi penambahan klaster dharma wanita ini. Jadi sebagian pasien terkonfirmasi ini sedang menjalani isolasi mandiri dan ada tempat isolasi yang telah disediakan pemerintah," jelas Mimi.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Riau Raja Hendra Saputra mengungkapkan aktivitas Gubernur Riau Syamsuar dalam sepekan terakhir yang tampak cukup padat. Diantaranya pada Senin menghadiri acara virtual dan hotel premiere. Selasa, gubernur diketahui berada di kediaman.

Kemudian Rabu, gubernur mengikuti acara penerimaan alutsista baru di Arhanud Riau dan penyerahan DIPA di ruangan Serindit, kantor gubernur. Kamis, gubernur di Bali sebagai pembicara Indonesia Creative Network, Jumat ada di KLHK, Jakarta acara launching dan bedah buku Bonita, Sabtu, mengikuti HUT PGRI secara virtual dan mengikuti rapat paripurna DPRD Riau soal nota keuangan.

"Pada Minggu, gubernur beraktivitas di kediaman, dan Senin mengikuti rapat paripurna DPRD Riau soal APBD murni 2021," pungkas Hendra.(OL-13)

Baca Juga: Sejumlah Calon Kepala Daerah Positif Korona

BERITA TERKAIT