01 December 2020, 17:35 WIB

Pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga Tinggal 25%


Lilik Darmawan | Nusantara

PROGRES pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah telah mencapai 75% atau tinggal 25% lagi. Bahkan, pembangunan landasan pacu sudah mencapai 99,74% dan appron 100%. Sedangkan jalan akses baru 41,64%.

"Memang, kondisi pandemi Covid-19 yang harus menghindari kerumunan menjadi salah satu kendala. Sehingga ada deviasi progress fisik dari rencana yang ada," kata Project Manager Pembangunan Bandara JB Soedirman PT Angkasa Pura II, Catur  saat Coffee Morning bersama Pejabat sementara (Pjs) Bupati Purbalingga di Lanud Wirasaba pada Selasa (1/12).

Sesuai dengan tahap awal, jelas Catur, adalah pengerjaan sisi utara di antaranya adalah pembangunan runway atau landasan pacu, taxy way, appron dan prasarana parkir. Memang masih ada beberapa kendala teknis.

"Kami mohon bantuan pemkab atau pemprov untuk pemindahan obstacle tiang listrik. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PLN. Pemindahan harus dipercepat setidaknya sebelum uji kalibrasi runway pada Januari mendatang," pinta dia.

Sementara Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana berharap agar pembangunan Bandara JB Soedirman dapat dipercepat. "Terhadap kendala yang ada, pemkab siap membantu. Kami juga minta kepada jajaran pemkab agar meningkatkan integritas dan pelayanan, sehingga investor akan semakin banyak yang tertarik menanamkan modalnya di Purbalingga," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Menteri BUMN Minta Pembangunan Bandara JB Soedirman Dikebut

BERITA TERKAIT