29 November 2020, 13:04 WIB

Gunung Ile Lewotolok Erupsi Lagi


Alexander P Taum | Nusantara

Erupsi hebat terjadi lagi di Gunung Berapi Ile Lewotolok, Minggu (29/11). Erupsi terjadi pukul 09.45 wita. Gunung dengan ketinggian 1423 mdpl, yang terletak di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur itu erupsi pertama kali Jumat (27/11) dengan intensitas rendah.

Namun erupsi kedua pada hari ini ditandai muntahan material letusan sangat massif, hingga menyebabkan kepanikan di kalangan masyarakat. Ketinggian kolom abu terpantau lebih dari 4000 meter diatas puncak gunung. Material letusan yang sangat besar tersebut bergerak cepat dan massif ke arah timur dan barat Gunung Ile Lewotolok. Kondisi ini menyebabkan kepanikan warga Kota Lewoleba. 

baca juga: BPBD NTT Kirim Ribuan Masker untuk Pengungsi Gunung Ile Lewotolok

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur  dan barat. Erupsi gunung dengan ketinggian 5.423 meter di atas permukaan laut ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi kurang lebih 10 menit. Masyarakat dilarang melakukan pendakian dan aktivitas di radius 2 km dari puncak gunung. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT