27 November 2020, 15:25 WIB

Tenaga Kesehatan Papua Barat Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19


Martinus Solo | Nusantara

TENAGA kesehatan di Papua Barat siap memberikan vaksin covid-19. Hal ini disampaikan usai mendapatkan pelatihan secara virtual dari Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan mengungkapkan pelatihan juga diikuti oleh tenaga kesehatan di Papua Barat mulai dari tenaga kesehatan di rumah sakit hingga puskesmas.

"Kita disini juga ikut, sampai teman-teman kita di tingkat puskesmas. Saya kira dengan selesainya pelatihan vaksinator ini, berarti teman-teman (Nakes) tinggal melaksanakan persiapan-persiapan berikutnya," ujar Otto melalui siaran resmi, Jumat (27/11).

Sementara ini, lanjut dia, pihaknya tinggal menunggu waktu pelaksanaan yang nantinya akan ditentukan oleh Kemenkes.

"Kapan vaksinnya tiba, kita belum mendapat informasi. Tetapi saya kira kita sudah melakukan persiapan, terkait penanganan kedatangan sampai dengan pelaksanaannya di lapangan," tutur Otto.

Baca juga: Wapres Minta Ulama Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Otto memastikan pihaknya baru bisa menyatakan siapa yang berhak diberikan vaksin jika sudah mengetahui jumlah ketersediaan vaksin tersebut.

"Kan kita mesti tahu dulu, vaksinnya ini berapa banyak," tukasnya.

Di samping itu, Otto juga mengatakan untuk sarana dan prasarana penyimpanan vaksin di Papua Barat sudah tersedia.

"Tempat penyimpanan kita ada cukup, sampai tingkat puskesmas kita ada tempat. Rata-rata vaksin ini kan bisa pada 2-8 derajat," pungkasnya.

Dikutip dari website Kemenkes RI, melalui berita resmi Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, menyatakan, Kemenkes telah menyiapkan vaksinator berjumlah 23.145 tenaga kesehatan dari Puskesmas dengan rasio pelayanan 1:20.(OL-5).

BERITA TERKAIT