27 November 2020, 14:57 WIB

Kesejahteraan Perangkat Desa Perlu Ditingkatkan


Denny Susanto | Nusantara

KESEJAHTERAAN perangkat atau aparatur desa di banyak daerah di Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Tanah Bumbu perlu mendapat perhatian dan ditingkatkan.

Hal ini ditegaskan calon Bupati Tanah Bumbu periode 2021-2024 Syafruddin H Maming, Jumat (27/11).

"Kesejahteraan aparatur desa perlu ditingkatkan," kata Syafruddin yang pernah menjabat belasan tahun jadi Ketua RT dan Kepala Desa.

Syafruddin mantan anggota DPR RI dari PDIP ini berjanji akan menyiapkan peningkatan insentif untuk seluruh aparat desa hingga tingkat RW dan RT, jika terpilih sebagai Bupati Tanah Bumbu pada Pilkada mendatang.

"Saya pasti akan pikirkan nasib dan kesejahteraan Kepala Desa hingga Ketua RT, karena saya pernah ada di posisi itu," ujar Syafruddin saat kampanye di Kecamatan Kuranji.

Baca juga: Perlu Kerja Ekstra Bangkitkan Kembali Kabupaten Tanah Bumbu

Cuncung, panggilan akrab Syafruddin, menceritakan dirinya dulu menjabat Ketua RT saat Tanah Bumbu masih jadi bagian dari Kabupaten Kotabaru. Dulu, gaji dan insentif Ketua RT hanya sebesar Rp50.000 dan pembayarannya dirapel tiga bulan sekali.

"Pengalaman itu membuat saya berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur desa. Mereka ujung tombak pelayanan masyarakat Tanah Bumbu, pemerintah daerah harus memperhatikan kesejahteraannya," tuturnya.

Pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta aparatur desa menjadi program para paslon yang bertarung di Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu. Ada tiga paslon yang akan bertarung yaitu paslon 01 Syafruddin-Alpiya (SHM-MAR), paslon 02 Mila Karmila-Zainal Arifin (MK ZA) dan paslon 03 Zairullah (ZR).(OL-5)
 

BERITA TERKAIT