26 November 2020, 09:34 WIB

Palang Merah Internasional Bantu APD Covid-19 Untuk Lapas Kalsel


Denny Susanto | Nusantara

THE International Committee of the Red Cross (ICRC)  atau Komite Internasional Palang Merah memberikan bantuan alat kesehatan pencegahan (APD) Covid-19 kepada sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kalimantan Selatan. Kawasan Lapas dinilai cukup rentan penyebaran covid -19. Ada empat Lapas yang mendapat bantuan APD dari ICRC yaitu Lapas Banjarmasin, Lapas Banjarbaru, Lapas Perempuan di Martapura Kabupaten Banjar dan Rutan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. 

Terkait upaya pencegahan penyebaran covid -19 ini rombongan ICRC bertemu dengan Pemprov Kalsel. Rombongan ICRC dipimpin Koordinator Kawasan Asia Pasifik untuk Kemanusiaan, Komite Internasional Palang Merah, Dominic Earnshaw. Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan mengapresiasi peran ICRC dalam memberikan bantuan kemanusiaan untuk negara-negara di dunia. 

"Penambahan jumlah kasus positif virus korona di Kalsel terus terjadi. Kondisi Kalsel, saat ini total yang terkonfirmasi positif covid-19 sudah dua belas ribu orang lebih. Case fatality rate atau angka kematian bersifat up down atau turun naik 3,9 persen hingga 4,09 persen," tutur Rudy, Kamis (26/11).

Diakui Rudy upaya penanganan virus korona berupa testing  tracing treatment (3T) masih menemui  banyak hambatan. Namun secara keseluruhan penanganan covid -19 di Kalsel sudah terkendali. Lebih jauh dikatakan Rudy bantuan aparat keamanan TNI-Polri sangat besar dalam penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Sebagjan masyarakat sudah memahami dan mematuhi prokes ini. Tetapi ada sebagian yang masih enggan. Sehingga kegiatan razia dan sanksi diterapkan," ujar Rudy.

baca juga: Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

Kunjungan Komite Internasional Palang Merah didampingi penasihat hukumnya, Donny Putranto serta Perwakilan dari Kemenlu RI. Selain mengunjungi Lapas rombongan juga bertemu dengan Pemprov Kalsel, UIN Antasari dan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Sejak pandemi Covid-19 , ICRC bekerja sama dengan para pihak dengan fokus pada penanganan tempat tahanan. ICRC dan PMI telah menyerahkan bantuan APD kepada 88 lapas di Indonesia. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT