25 November 2020, 08:45 WIB

Perusahaan Batu Bara Mendominasi Kasus Covid-19 di Murung Raya


Surya Sriyanti | Nusantara

DARI 81 total jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang terkonfirmasi positif, terdapat 65 orang di antaranya berasal dari perusahan swasta beroperasi di bidang pertambangan batu bara yakni PT Harmoni Panca Utama (HPU).

"Memang peningkatan kasus Covid-19 cukup signifikan terjadi dengan total kasus 81 orang  terkonfirmasi positif dan Kecamatan Laung Tuhup menjadi angka kasus terbanyak yakni ada 69 orang. Dari jumlah itu 65 orang dari PT HPU yang telah dirawat di RSUD Puruk Cahu," terang Direktur RSUD Puruk Cahu, dr Marthin Maha dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/11).

Sementara itu perwakilan PT HPU, Lukman yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengaku tidak begitu mengetahui asal mula terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di lingkup perusahaan, pasalnya sejauh ini pihaknya sejak Maret lalu sudah menerapkan kebijakan promotif dan preventif dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kasus diketahui setelah semua karyawan dilakukan rapid test massal sebanyak 719 dan ditemukan banyak karyawan yang reaktif sehingga langsung dilakukan tes PCR kepada sejumlah karyawan yang telah reaktif," tukasnya.

baca juga: Kasus Covid-19 di Klaten Belum Reda

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 di Kalteng terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi seperti 24 November 2020, terdapat penambahan kasus sebanyak 51 orang total menjadi 5.450 orang. Sementara pasien yang sembuh bertambah 30 orang menjadi 4.437 dan meninggal 183 orang. Untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng dalam keterangan tertulis meminta masyarakat terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan an jangan menyepelekan kasus covid-19. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT