25 November 2020, 05:05 WIB

Sejak Pandemi Kapal Asing Tak Lagi Singgahi Komodo


John Lewar |

SUDAH lebih delapan bulan atau sejak pandemi global Covid-19, seluruh aktivitas pariwisata lesu. Termasuk kunjungan wisatawan asing ke kawasan Taman Nasional Komodo menjadi turun drastis.

10 bulan belakangan ini sama sekali tidak dirasakan atau dilihat Kapal berbendera asing masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) membawa wisatawan asing.

"Kasus virus korona juga melumpuhkan segala lini kehidupan di dunia pariwisata, terkhusus pada dunia pelayaran, bagi Kapal berbendera asing yang kerap membawa ribuan atau ratusan wisatawan ke destinasi Pulau Komodo, sejak itu tutup total," ujar Simon Baon, kepala Syahbandar Labuanbajo Selasa, (24/11).

Simon mengatakan di tahun 2018 tercatat ada 76 kapal asing masuk pelabuhan dermaga komodo dengan membawa penumpang yang turun di tahun 2018 mencapai 189.168 orang wisatawan asing.

Kemudian pada tahun 2019, kapal berbendera asing hanya 68 kapal cruise ke Loh Buaya pulau komodo, tamu asing yang turun dan masuk di loh liang dermaga komodo mencapai 223.329 orang asing.

"Terjadi adanya peningkatan jika di banding tahun sebelumnya. Lonjakan pengunjung meningkat meski kapal yang masuk hanya 68 kapal asing.Tetapi kapasitas muatannya banyak," terang Simon Baon

Di tahun ini (2020), jelas Simon, sejak awal bulan Maret hiingga saat ini yang sudah memasuki bulan ke 10 belum ada satupun kapal berbendera asing membawa masuk turis ke obyek wisata komodo. (OL-13)

Baca Juga: Mantan Ketua The Fed akan Jadi Menkeu AS

BERITA TERKAIT