24 November 2020, 19:48 WIB

Pemprov Sulsel Siapkan Bantuan 850 Ribu Bibit Kakao


Lina Herlina | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan 850 ribu bibit kakao bagi petani kakao yang terdampak bencana untuk penanaman ulang pada 2021 mendatang. Hal itu diungkapkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat menerima kunjungan kelompok petani kakao di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (24/11).

"Kelompok yang bertemu dengan Gubernur hari ini akan kita data untuk kita bagikan di tahun 2021. Calon Petani dan Calon Lokasi penerima bantuan harus satu tahun sebelum membagikan hibah," jelas  Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjatjo.

Ardin menambahkan, hampir seluruh di Indonesia mengalami penurunan produksi kakao, termasuk di Sulsel. Ini disebabkan karena kemampuan mitigasi dari petani yang masih lemah.

"Saat ini, terjadi fenomena perubahan iklim  global. Perubahan musim hujan berkepanjangan atau musim kemarau yang  berkepanjangan," tambahnya.

Aminah Medama, anggota Kelompok Tani Sinangkala, Luwu Utara yang berdialog dengan Gubernur Sulsel mengatakan, kedatangannya untuk melaporkan pencapaian program Swisscontact, Sustainable Cocoa Production Program (SCPP) di Luwu Raya yang telah berakhir.

"Kami laporkan pencapaiannya yang sudah kita laksanakan di wilayah kerja. Tadi Pak Gubernur menanyakan bagaimana kakao di Luwu Utara. Saya jelaskan bahwa minat petani menanam kakao masih tinggi walau akibat banjir besar di Luwu Utara, banyak kebun kakao yang tersapu banjir," ungkapnya. (R-1)

BERITA TERKAIT