24 November 2020, 19:06 WIB

Banjir Landa Sebagian Wilayah Jambi


Solmi | Nusantara

CURAH hujan yang tinggi pekan ketiga November 2020, menyebabkan sebagian wilayah Jambi dilanda bencana banjir. Kendati tidak ada korban dan belum ada pengungsian, beberapa hari terakhir banjir meresahkan warga beberapa kabupaten kota di wilayah barat Jambi terutama di wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari seperti di Kabupaten , Kerinci, Kota Sungaipenuh, Kabupaten Merangin, Sarolangun, Kabupaten Bungo.

Diperkirakan, banjir kiriman akibat meluapnya sejumlah anak sungai di wilayah hulu tersebut akan melanda daerah di bagian ilir DAS Batanghari yaitu Kabupaten Tebo, Batanghari, Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.

Setelah melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, sepanjang Senin (23/11) dan Selasa (24/11), ratusan rumah
warga, lahan pertanian, dan akses jalan penghubung antardesa di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Merangin terendam banjir setinggi setengah meter. Kelima kecamatan yang terletak dekat bantaran sungai itu antara lain, Kecamatan Tabir Barat, Tabir Ilir, Tabir Timur, Margo Tabir dan Kecamatan Nalo Tantan yuang berada di aliran sungai Batang Tabir.

Untuk penanggulangan bencana dan evakuasi warga korban banjir, Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan BPBD Merangin Tugiran mengatakan sudah mengirimkan perahu karet, sejumlah personel tim reaksi cepat dan para medis ke lokasi banjir.

Banjir cukup parah sepanjang Selasa (24/11) dilaporkan melanda sebagian wilayah Kabupaten Sarolangun. Hampir seratus unit rumah warga
di Desa Pulau Pandan, Kecamatan Limun terendam banjir luapan Sungai Batang Asai dan Sungai Batang Limun. Banjir juga dilaporkan banjir juga mulai merendam daerah permukiman warga yang berada dekat bantaran sungai Batang Bungo.

"Kami bersama instansi terkait sedang melakukan pengawasan ketat dan mempersiapan posko darurat penangan banjir di bebrapa titik paling rawan," ungkap Kepala BPBD Sorolangun Tabroni Yusuf.
 
Tidak hanya melanda wilayah hulu, banjir juga terjadi beberapa kecamatan di daerah pesisir timur Jambi yakni di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Kabupaten Tanjungjabung Timur. Banjir terparah melanda pusat kota dagang Kuala Tungkal, Tanjungjabung Barat. Setiap lepas siang menjelang sore, hampir seluruh jalan utama di pusat Kota Kuala Tungkal terendam banjir rob setinggi 20 sampai setengah meter. (R-1)

 

BERITA TERKAIT