24 November 2020, 08:14 WIB

10 Pejabat Pemkab Brebes Terpapar Covid-19 Usai Tour ke Bromo


Supardji Rasban | Nusantara

SEPULUH pejabat di lingkungan Pemerintah (Pemkab) Brebes Jawa Tengah, terkonfirmasi Covid-19. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mensinyalir mereka terpapar saat berada di dalam bus pariwisata usai melakukan tour ke Gunung Bromo, Jawa Timur. Mereka yang terpapar adalah peserta tour ke Jawa Timur beberapa waktu lalu diantaranya kunjungannya ke Obyek Wisata (OW) Gunung Bromo dan Kota
Malang. 

Dari sepuluh pejabat tersebut, yakni 7 sekretaris Dinas, 1 Kepala Bagian (Kabag) serta 2 pejabat pendamping. Mereka merupakan peserta yang ikut tour wisata bersama Bupati Brebes Idza Priyanti dua pekan lalu. Kepala Dinkes Pemkab Brebes Sartono, menduga terpaparnya para pejabat di lingkungan Pemkab Brebes tersebut terjadi saat berada di dalam rombongan bus pariwisata. 

"Apalagi salah crew bus saat menjalani pemeriksaan rapid swab dinyatakan reaktif Covid-19," ujar Sartono, Selasa (24/11/20).

Menurut Sartono dari sepuluh pejabat tersebut 9 di antaranya menjalani isolasi mandiri dan seorang dirawat di RSUD Brebes, karena mengeluhkan gejala Covid-19. Sebelumnya, suami Bupati Brebes AKB Warsidin dan dua anak kembarnya juga dinyatakan positif korona.

baca juga: Wakil Wali Kota Bantah Kota Yogyakarta Masuk Zona Merah
     
"Selain itu 12 pegawai di lingkungan rumah dinas bupati juga ikut terpapar korona meski tanpa gejala atau OTG," terang Sartono.

Guna mencegah penularan virus Covid-19 di Kabupaten Brebes yang sudah mencapai lebih dari seribu orang terkonfirmasi positif, Dinkes Pemkab Brebes akan melakukan tracking kepada orang orang yang pernah konta langsung dengan para pejabat tersebut. (OL-3)

BERITA TERKAIT