24 November 2020, 07:27 WIB

Era Milenial Nilai-Nilai Al Quran Harus Tetap Tertanam di Madrasah


Siswantini Suryandari | Nusantara

NILAI-nilai Al Quran tidak boleh tercerabut dari madrasah. Sebab madrasah memiliki ciri khas karakter keagamaan sampai kapan pun. Hal itu dikemukakan oleh Kepala MAN 3 Kulon Progo, Moh Fadli Afif saat membuka muqoddaman (khataman) Al Quran yang digelar dalam rangka Hari Guru Nasional dan milad ke-25 MAN 3 Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta,  Kegiatan yang sama-sama diperingati tiap 25 November.

Kegiatan muqoddaman Al Quran diselenggarakan Senin (23/11). Kegiatan tersebut diikuti guru, pegawai, sebagian siswa boarding school Nurul Ulum MAN 3 Kulon Progo dan anak-anak Panti SAsuhan Sulton Salim. 

"Nilai-nilai Al Quran tidak boleh tercerabut dari madrasah sebagai ciri khas dan karakter keagamaan sekaligus menjadi identitas madrasah sampai kapan pun. Meskipun madrasah melakukan berbagai inovasi dan perubahan yang berkemajuan, tetapi madrasah tidak boleh melupakan nilai-nilai agama dan Al Quran," kata Fadlil Afif dalam keterangan tertulis, Selasa (24/11)

Menurutnya kegiatan muqoddaman Al Quran ini merupakan paya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan melestarikan budaya agamis agar melatih diri dengan mengisi kalbu dengan tadarus agar hati tenang dan tentram. Acara tersebut juga bagian dari peringatan Hari Guru Nasional 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI secara virtual. 

baca juga: Infrastruktur Rusak, Warga Ditandu ke Puskesmas Meninggal di Jalan 

Ia berharap dengan khataman Al Quran ini, anak-anak madrasah selain memiliki kecerdasan intelektual juga kecerdasan emosional karena sudah terbiasa tadarus untuk mengisi pikiran dan jiwa dengan nilai-nilai Al Quran. Fadli menambahkan di acara milad madrasah yang dipimpinannya itu berbarengan dengan proses akreditasi perpustakaan sekolah Kanzul Ilmi MAN 3 Kulon Progo. Ia berharap perpustakaan tersebut bisa mendapat akreditasi bagus, terlebih perpustakaan tersebut telah menjadi ladang mencari ilmu para murid selama ini. (RO/OL-3)
 

BERITA TERKAIT